MAKSUD TUHAN DI BALIK KEMUNDURAN YANG KITA ALAMI (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Bilangan 3-4
Markus 3:20-35

BACAAN HARI INI
Yesaya 41:9-20

RHEMA HARI INI
Yesaya 41:10 janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.

Sudah lama sekali Anggi ingin mencoba memanah. Kesempatan itu lalu datang ketika temannya yang mempunyai sepupu seorang atlet memanah mengajaknya untuk memanah bersama sepupunya itu. Saat memegang busur dan panah di tangannya, hati Anggi pun berdebar-debar kencang. Sesuai instruksi, Anggi dan temannya mencoba memanah sasaran dengan anak panah mereka. Namun, panah Anggi bahkan tidak mencapai sepertiga jarak dengan papan sasarannya. Selain itu, panahnya terbawa tiupan angin dan menyimpang ke samping. Akibatnya, telinga Anggi dibanjiri tawa temannya. Namun sepupu temannya itu hanya tersenyum maklum dan berkata, “Tidak apa, itu kesalahan pemula. Coba Tarik panahmu kuat-kuat ke belakang, sampai tali busurmu tidak bisa ditarik lagi.” Anggi pun mencoba sebisanya, dan kali ini, panahnya melesat cepat dan berhasil menancap papan sasaran.

Ya, selain kemampuan untuk membidik, ketepatan memanah ditentukan dari seberapa jauh pemanah menarik panah beserta tali busur ke belakang. Semakin jauh ditarik mundur, maka gaya pegas yang dihasilkan ketika anak panah dilepaskan pun semakin besar. Hal ini menyebabkan anak panah mampu melesat lebih cepat, lebih jauh, dan memiliki risiko minim untuk terbawa angin. Sehingga, anak panah pun berhasil mencapai sasarannya.

Saat ini mungkin ada di antara kita yang mengalami kemunduran. Bukan hanya selangkah dua langkah mundur, tetapi kehidupan tiba-tiba menarik kita mundur sangat jauh. Sampai rasanya kita tidak mungkin bisa lebih mundur lagi, tidak mungkin bisa lebih terpuruk lagi. Namun, hari ini ketahuilah, kita tak ubahnya anak panah di tangan Tuhan. Kalau Tuhan izinkan kemunduran itu terjadi, maka bersiaplah, itu tandanya Tuhan ingin mengerjakan hal-hal yang lebih besar dan lebih cepat melalui hidup kita. Ketika tangan Tuhan yang penuh kuasa sudah bekerja, maka tidak ada angin badai yang akan menyimpangkan kita dari rencana-Nya dan pelangi kemuliaan-Nya akan dinyatakan atas kita. (MV.L)

RENUNGAN
JANGAN TAKUT dengan KEMUNDURAN yang kita lihat, sebab hal-hal yang LEBIH BESAR and LEBIH CEPAT akan terjadi setelah badai berlalu.

APLIKASI
1. Kemunduran apakah yang tengah Anda alami di hidup Anda saat ini?
2. Mengapa Tuhan mengizinkan kemunduran itu terjadi kepada Anda?
3. Bagaimana Anda akan melihat kemunduran dalam hidup Anda dan membangkitkan kembali iman Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, kami bersyukur sebab Engkaulah Tuhan Allah kami. Kami percaya hidup kami aman di dalam tangan-Mu. Kemunduran yang kami alami saat ini tidak akan pernah mencelakakan kami, tetapi akan Engkau gunakan untuk mendatangkan kebaikan yang lebih besar lagi bagi kami. Ajari kami untuk terus melekat kepada-Mu, agar hati kami bisa berserah sepenuhnya pada kehendak-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”