KEGELAPAN AKAN BERGANTI DENGAN TERANG KEMULIAAN (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Keluaran 7-8
Matius 15:1-20

RHEMA HARI INI
Yesaya 60:20 Bagimu akan ada matahari yang tidak pernah terbenam dan bulan yang tidak surut, sebab TUHAN akan menjadi penerang abadi bagimu, dan hari-hari perkabunganmu akan berakhir.

Bangsa Israel pernah ada dalam masa yang sangat gelap. Selama ratusan tahun, mereka menjadi budak di Mesir. Sedikit demi sedikit, mentalitas mereka pun berubah. Dari yang awalnya sungguh-sungguh percaya bahwa merekalah pewaris janji Abraham untuk memiliki Tanah Kanaan, perlahan-lahan hal itu sirna dan mereka jatuh ke dalam keputusasaan. Bahkan digantikan dengan penolakan terhadap janji Tuhan. Hal itu terlihat saat Musa menyampaikan pesan bahwa Tuhan akan membebaskan mereka. Bangsa Israel justru TIDAK MEMPEDULIKANNYA (Kel. 6:8). Ya, kegelapan membawa keputusasaan, dan keputusasaan membuat mereka tidak bisa lagi percaya terhadap janji Tuhan. Akibatnya, kita semua tahu bahwa akhirnya generasi mereka gagal dibawa masuk ke dalam janji Tuhan yang besar.

Hal yang sama terjadi juga kepada seorang perempuan Sunem yang melayani Elisa dengan menyediakan ruangan bagi sang nabi untuk tinggal di rumahnya. Saat itu Elisa hendak memberkati dan menubuatkan kepada perempuan itu bahwa ia akan memiliki anak. Namun karena sudah lama sekali ia tidak memiliki anak dan suaminya sudah tua, perkataan Elisa itu awalnya tidak bisa diterima baik, bahkan perempuan Sunem itu mengatakan bahwa perkataan Elisa adalah dusta (2Raj. 4:16). Namun janji Tuhan sungguh-sungguh terjadi. Perempuan itu memiliki seorang anak.

Dari kisah tersebut, kita mempelajari bahwa kegelapan yang terlalu gelap memiliki potensi membuat kita sukar menerima perkataan janji Tuhan. Kita bisa menjadi kecewa bahkan menolak janji Tuhan. Namun kebenarannya adalah, segelap apa pun kondisi kita, JANJI TUHAN TETAP TIDAK TERGOYAHKAN. JANJI TUHAN TETAP YA DAN AMIN. Untuk saat ini, inilah janji-Nya, bahwa Tuhan akan membuat kegelapan kita berakhir dan berganti dengan sukacita seta kemuliaan yang jauh lebih terang dari sebelumnya. Layangkan mata kepada Tuhan dan kita akan melihat, kegelapan di sekeliling kita boleh sangat gelap, tetapi terang Tuhan akan bersinar lebih terang. Haleluya!

RENUNGAN
TUHAN akan MENGGANTIKAN kegelapan yang kita alami dengan KEMULIAAN yang berkali-kali lipat lebih terang.

APLIKASI
1. Adakah hal-hal yang membuat Anda sukar percaya bahwa Tuhan akan memulihkan keadaan Anda saat ini? Hal-hal apakah itu?
2. Menurut Anda, sanggupkah Tuhan menggenapi janji-Nya dalam hidup Anda dan menggantikan kegelapan menjadi kemuliaan bagi hidup Anda? Mengapa Anda mempercayainya?
3. Komitmen apa yang bisa Anda ambil untuk tetap percaya dan memegang teguh janji Tuhan dalam hidup Anda sampai kegelapan benar-benar sirna? Tuliskan!
DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, kami percaya janji-Mu ya dan amin. Dan kami sangat percaya bahwa ini adalah saatnya Engkau akan menggantikan kegelapan dalam hidup kami dengan kemuliaan yang berkali-kali lipat lebih terang. Kami mau menguatkan iman kepercayaan kami kepada-Mu karena kami tahu Engkau BERKUASA menggenapi setiap perkataan-Mu dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”