Melompati Tembok Penghalang Bersama Tuhan [REKA]

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Mazmur 113-115
1 Korintus 6

BACAAN HARI INI

Mazmur 18:29-40

RHEMA HARI INI

Mazmur 18:30b dan dengan Allahku aku berani melompati tembok.

Sara bermain di taman ditemani ayahnya. Ketika berjalan-jalan mengelilingi taman itu, ia melihat ada sekawanan kelinci sedang makan dan melompat-lompat. Segera Sara menghampirinya, tetapi ia tidak bisa memegangnya karena ada tembok yang dibangun di sekeliling kandang kelinci itu. Sekalipun tembok itu tingginya hanya sekitar satu meter saja, tetapi tembok itu terlalu tinggi untuk dilompati tubuh mungil Sara yang baru berusia dua tahun.

Sara kecil tidak menyerah begitu saja. Ia berusaha sekuat tenaga untuk melalui tembok tersebut. Ia mencoba memanjatnya berulang kali. Namun tetap saja ia tidak dapat menggapainya. Ayah Sara yang mengikutinya dari belakang hanya diam saja sambil tersenyum melihat kelakuan anaknya. Sampai di suatu titik, Sara tiba-tiba tersadar bahwa ada ayahnya yang senantiasa menemaninya. Ia pun menoleh ke belakang dan ketika dilihatnya sosok sang ayah, Sara segera berlari meminta bantuannya. Tentu saja dengan mudahnya si ayah mengangkat tubuh Sara, dan membawanya melewati tembok itu. Sara kecil pun sangat bahagia karena akhirnya ia dapat bermain-main dengan kawanan kelinci tersebut.

Sadarkah Anda bahwa sebenarnya kita melakukan apa yang Sara lakukan? Tak terhitung betapa kita kerap kali mengandalkan kekuatan diri sendiri untuk mengatasi segala tembok permasalahan yang ada di hadapan kita. Bahkan, mungkin pada akhirnya kita hampir menyerah karena tetap saja kita tidak bisa melalui apa yang menjadi tembok penghalang itu sendirian. Mulai sekarang ini, jangan pernah lagi berusaha melompati tembok penghalang dengan kekuatan kita sendiri yang sangat terbatas. Mintalah pertolongan dari Tempat Yang Maha Tinggi, karena Dia adalah Allah yang kekuatannya tidak terbatas. Hanya bersama Dia sajalah, kita bisa melangkah masuk ke alam supernatural dan dengan kuat kuasa-Nya kita bisa melalui tembok-tembok penghalang kita. Sehingga terang Tuhan bisa terbit atas hidup kita dan mandat untuk membebaskan bangsa pun terlaksana.

RENUNGAN

Jangan berusaha MELOMPATI TEMBOK PENGHALANG kita dengan kekuatan sendiri, tetapi dengan KEKUATAN ALLAH yang tidak terbatas.

APLIKASI

1. Apakah yang menjadi tembok penghalang Anda selama ini? Sudahkah Anda berhasil melaluinya?
2. Jika belum, menurut Anda mengapa Anda masih juga belum bisa melompatinya? Dan kini apa yang dapat Anda lakukan untuk melewatinya?
3. Apabila sudah, coba renungkanlah apa yang membuat Anda berhasil?

DOA UNTUK HARI INI

“Ya Allah, ampunilah kami apabila kami selama ini sering kali mengandalkan kekuatan kami sendiri. Sekarang kami sadar dan kami mau berkomitmen untuk melompati apa yang menjadi tembok penghalang kami hanya bersama Engkau yang tidak terbatas. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”