WARISAN YANG MEMPUNYAI NILAI KEKEKALAN

BACAAN HARI INI
Mazmur 103:1-22

RHEMA HARI INI
Mazmur 103:15-17 Adapun manusia, hari-harinya seperti rumput, seperti bunga di padang demikianlah ia berbunga; apabila angin melintasinya, maka tidak ada lagi ia, dan tempatnya tidak mengenalnya lagi. Tetapi kasih setia TUHAN dari selama-lamanya sampai selama-lamanya atas orang-orang yang takut akan Dia, dan keadilan-Nya bagi anak cucu,

Nama Aristotle Socrates Onnasis dikenal sebagai miliader paling kaya sedunia di era tahun 70-an. Onassis memiliki kerajaan bisnis kapal pesiar multinasional. Asetnya meliputi sejumlah pesawat pribadi, hotel, apartemen mewah di beberapa negara, koleksi seni bernilai super mahal, serta pulau pribadi bernilai triliunan rupiah. Saat tutup usia pada 1975, kekayaan pribadinya diperkirakan mencapai US$ 1,97 miliar atau setara Rp 22,6 triliun. Dari pernikahannya dengan Athina Livanos, lahirlah Alexander Onassis dan anak keduanya diberi nama Christina Onassis. Onassis memanjakan kedua anaknya dengan gelimangan harta. Masing-masing anaknya memiliki pesawat pribadi, properti sendiri, serta berbagai kemudahan lainnya. Kedua anaknya terbiasa hidup serba mewah sejak masih kecil.

Naas, di tahun 1973, pada usia 24 tahun, Alexander Onassis menemui ajalnya saat tengah mengendarai pesawat ke Athena. Tak tahan menerima kematian sang putra mahkota yang sangat disayanginya, 2 tahun kemudian Onassis meninggal dunia. Sedangkan Thina, sang ibu, memutuskan untuk bunuh diri di usianya yang ke-45. Christina lah sebagai anak kandung satu-satunya yang masih hidup, yang menerima warisan dari seluruh kekayaaan Onassis. Kekecewaan Christina pada ayahnya yang berselingkuh dari ibunya, ditambah kekayaan yang luar biasa, membuat Christina hidup sangat sembarangan. Sempat berganti-ganti suami dan pacar, terlibat dalam pesta pora dan kecanduan narkoba, di tahun 1988, Christina pun meninggal dunia akibat serangan jantung. Kematian Christina diduga karena dia merasa sangat kesepian, jarang makan, dan terlalu banyak mengkonsumsi alkohol dan obat-obatan.

Adalah wajar jika orang tua ingin meninggalkan warisan pada anak-anaknya. Namun warisan jasmani tanpa diimbangi dengan warisan rohani dan jiwani, akan sangat mudah lenyap dan habis. Pengetahuan dan skill yang bisa di dapat dari sekolah dan kursus merupakan bekal yang sangat penting bagi masa depan mereka. Juga pernikahan orang tua yang bahagia merupakan warisan sekaligus modal yang sangat berharga untuk anak-anak kita kelak. Sebab anak yang lahir dari keluarga yang harmonis memiliki kondisi jiwa yang jauh lebih stabil dan bahagia ketimbang anak yang lahir dari keluarga yang broken. Tak perlu berkecil hati jika kita tidak bisa memberikan warisan jasmani atau warisan pendidikan. Warisan teladan kehidupan rumah tangga yang harmonis akan menginspirasi anak-anak kita untuk memiliki rumah tangga yang juga harmonis dan bahagia. (PF)

RENUNGAN
Warisan jasmani TANPA DIIMBANGI dengan WARISAN ROHANI dan JIWANI akan sangat MUDAH LENYAP dan HABIS.

APLIKASI
1. Apakah yang Anda pikirkan sebagai warisan untuk anak-anak Anda kelak?
2. Apa komitmen Anda untuk memberikan warisan pengetahuan dan skill pada anak-anak Anda?
3. Sudahkan pernikahan Anda bisa menjadi warisan jiwa yang berharga bagi anak-anak Anda?
DOA UNTUK HARI INI
Bapa, terimakasih telah mengingatkan kami untuk memberikan warisan yang bernilai kekekalan bagi anak-anak kami malam hari ini. Mampukan kami untuk memberi teladan yang terbaik bagi mereka. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.