MEWARISKAN HIDUP YANG SESUAI KEBENARAN FIRMAN TUHAN [REMAKA]

BACAAN HARI INI
Amsal 20:1-30

RHEMA HARI INI
Amsal 20:7 Orang benar yang bersih kelakuannya—berbahagialah keturunannya.

Kita mungkin pernah mendengar, saat kita berusaha mengingatkan seseorang yang berbuat salah dan melanggar Firman Tuhan, jawaban yang berbunyi, “Biarkan saya! Semua akibat dari dosa yang saya lakukan akan saya tanggung sendiri akibatnya.” Hal ini sama seperti seorang pengemudi ugal-ugalan di jalan, yang tidak peduli akan keselamatan orang lain. Dia berpikir bahwa kalau sampai dia jatuh atau mengalami kecelakaan, maka dia sendirilah yang akan sakit, terluka dan menderita kerugian. Dia tidak pernah berpikir bahwa dia bisa saja menabrak orang lain atau membuat orang lain juga celaka karena berusaha menghindarinya. Siapapun yang sedang berada di jalan yang sama dengannya saat itu, menanggung resiko yang sama besarnya dengan dia.

Oleh karena itu, kita harus sangat berhati-hati dengan apa yang kita lakukan. Sebab dampaknya bukan hanya akan kita rasakan seorang diri, tetapi bisa mempengaruhi keluarga kita bahkan keturunan kita nantinya. Mereka harus ikut menanggung akibat dari dosa dan kesalahan yang kita lakukan . Benar, Tuhan kita adalah Allah yang penyayang dan pengasih. Yang meneguhkan kasih setia-Nya kepada beribu-ribu orang, yang mengampuni kesalahan, pelanggaran dan dosa. Tapi tidak sekali-kali Tuhan membebaskan orang yang bersalah dari hukuman, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya dan cucunya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat (Keluaran 34:6-7). Dari sinilah semua kutuk berasal, kutuk kemiskinan, sakit penyakit, perceraian, tidak bisa punya keturunan dan lain-lain.

Tentu tidak ada orang yang ingin mewariskan kutukan kepada anak cucunya. Semua pasti ingin memberi warisan yang terbaik bagi keturunannya. Dan salah satu warisan yang sangat berarti bagi anak cucu kita adalah ketika kita memiliki hidup dan kelakuan yang bersih sesuai firman Tuhan. Ini adalah warisan yang jauh lebih berharga ketimbang harta. Sebab orang yang benar dan bersih kelakuannya—berbahagialah keturunannya (Amsal 20:7). Bukan hanya kita sendiri yang akan berbahagia oleh karena kebenaran, namun anak cucu kita akan diberkati dengan kebahagiaan yang tidak biasa dari Tuhan. (PF)

RENUNGAN
Hidup yang bersih SESUAI KEBENARAN firman Tuhan merupakan WARISAN ROHANI yang SANGAT BERARTI bagi anak cucu kita.

APLIKASI
1. Jika secara jujur menilai, sudah bersihkah hidup dan kelakuan Anda?
2. Apa saja yang akan Anda rubah agar hidup Anda bersih dan sesuai kebenaran Firman Tuhan?
3. Apa yang Anda alami dan rasakan ketika Anda hidup sesuai dengan Firman Tuhan?
DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, terimakasih Engkau sudah mengingatkan kami untuk senantiasa menjaga hidup dan tingkah laku kami. Ampuni kami jika ada dalam hidup, hati dan kelakuan kami yang kotor di mata-Mu. Bersihkan, sucikan dan kuduskanlah kami dengan kuasa darah-Mu, agar kami dapat memberi warisan yang terbaik bagi anak dan cucu kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.