Mengambil Alih Tanah Perjanjian Dengan Tuntunan Tuhan [REMAKA]

BACAAN HARI INI

Yosua 6:1-27

RHEMA HARI INI

Yosua 6:3-4 Haruslah kamu mengelilingi kota itu, yakni semua prajurit harus mengedari kota itu sekali saja; demikianlah harus engkau perbuat enam hari lamanya, dan tujuh orang imam harus membawa tujuh sangkakala tanduk domba di depan tabut. Tetapi pada hari yang ketujuh, tujuh kali kamu harus mengelilingi kota itu sedang para imam meniup sangkakala.

Untuk mencegah penularan virus, maka sejak tanggal 16 Maret lalu, sekolah-sekolah serentak diliburkan. Cakra yang membuka usaha kantin di satu sekolah swasta pun mau tidak mau harus ikut libur berjualan. Meskipun demikian Cakra menanggapinya dengan senang, sebab ia jadi punya banyak waktu untuk ikut Pondok Daud. Ia sudah berpikir ingin berlama-lama di Pondok Daud, sesuatu yang tidak mungkin bisa ia lakukan di hari-hari sekolah. Tapi yang terjadi kemudian, gereja dan Pondok Daud ikut ditutup untuk umum karena sebaran wabah yang semakin meluas.

Hati Cakra rasanya kecewa bercampur kesal, ia begitu rindu datang ke hadirat Tuhan karena kesibukannya akhir-akhir ini membuatnya jauh dari Tuhan. Ia sebenarnya ingin sekali ikut dalam kegerakan gereja untuk bangkit menjadi terang dan membebaskan bangsa. Ia ingin duduk diam dikaki Tuhan dan mencari rhema, apa yang harus ia lakukan dalam posisinya sekarang. Apa boleh buat, akhirnya Cakra hanya bisa mengikuti Pondok Daud secara live streaming. Di luar dugaan, Cakra yang semula kecewa, malah merasa sangat diberkati dan dimudahkan, karena ia dapat merasakan hadirat Tuhan jam berapapun ia mau tanpa mengabaikan instruksi untuk tetap tinggal di rumah. Ditambah lagi Cakra yang ikut membagikan link ibadah dan Pondok Daud Keluarga Allah, mendapat respon dari beberapa temannya. Yang dulunya begitu sulit diajak beribadah, kini mencari tahu bahkan mulai mengikuti live streaming dan mendengarkan radio El Shaddai FM.

Terkadang kita memiliki rencana dan strategi sendiri untuk menggapai tujuan kita, tapi tuntunan Tuhan tetaplah yang terbaik. Walaupun apa yang terjadi saat ini kelihatan sebagai suatu keterbatasan, tapi sebenarnya Tuhan sedang menuntun kita untuk memurnikan diri. Waktu di rumah yang di anugerahkan membuat kita memiliki banyak kesempatan untuk mendekat, mengkoreksi dan menyiapkan diri kita untuk menyambut banjir jiwa-jiwa yang haus dan lapar saat wabah ini berlalu. (PF)

RENUNGAN

MENGAMBIL ALIH TANAH PERJANJIAN tidak bisa dengan kekuatan dan stragegi manusia, tetapi MURNI TUNTUNAN TUHAN.

APLIKASI

1. Apakah tuntunan Tuhan yang Anda rasakan hari-hari ini pada Anda dan gereja tempat Anda tertanam?
2. Apakah Anda mempunyai pengalaman berjalan dengan kekuatan dan strategi Anda sendiri? Apa yang Anda alami dan rasakan?
3. Ketika Anda taat melangkah dalam tuntunan Tuhan, apa saja yang Anda dapatkan?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus, kami bersyukur punya Allah yang senantiasa mau dan sabar menuntun kami. Kami sadar Tuhan bahwa diluar Engkau, kekuatan dan akal kami terbatas. Hanya dalam tuntunan dan petunjuk-Mu lah kami akan bisa beroleh kemenangan dan mengambil alih tanah perjanjian kami. Terima kasih Tuhan, di dalam nama-Mu Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.