PEKA DENGAN PERGERAKAN ILAHI TUHAN [REMAKA]

BACAAN HARI INI
Mazmur 119:176

RHEMA HARI INI
Mazmur 119:93 Untuk selama-lamanya aku tidak melupakan titah-titah-Mu, sebab dengan itu Engkau menghidupkan aku.

Burung rajawali adalah burung yang iconik. Segala kelebihannya sering dijadikan brand image. Bahkan negara Amerika menggunakan burung rajawali sebagai lambang negara. Seperti namanya, rajawali dikenal sebagai “the king of bird”. Ketangguhannya untuk terbang menjadikan rajawali sebagai penguasa atau raja di langit. Hal ini masih ditambah dengan mata dan visualnya yang tajam, membuat rajawali menjadi burung pemangsa dan pendeteksi yang akurat.

Diantara berbagai kelebihannya, rajawali dinilai mempunyai sifat yang peka namun tenang membaca situasi. Sebagai burung yang memiliki aerodinamika sempurna, rajawali memiliki sayap yang lebih besar dari tubuhnya. Sehingga memiliki kestabilan saat melayang-layang di udara. Karena sayapnya lebih banyak untuk melayang daripada mengepak-ngepak, maka rajawali tidak pernah lelah saat berada di langit. Yang membedakan rajawali dengan burung lainnya adalah saat badai atau angin kencang datang. Saat burung yang lain bersembunyi dan menghindari badai, rajawali justru menunggu kedatangan badai. Dengan kepekaan sayapnya, rajawali sanggup membaca arus udara yang tidak teratur dan mampu menghidari guncangan. Sehingga saat badai menerjang, rajawali akan menghadapinya dan mengunakan badai itu untuk melambung semakin tinggi.

Hari ini saat kondisi dunia semakin tidak menentu, ancaman virus dan krisis ekonomi bagaikan badai yang mengguncang dunia, kita perlu kepekaan untuk membaca pergerakan ilahi Tuhan untuk mengerti dan mengikuti setiap instruksi-Nya. Jika kita tidak memiliki kepekaan, maka kita akan terhanyut dengan keadaan. Kita menjadi diliputi kecemasan, ketakutan, stress dan putus asa. Pesan Tuhan telah kita terima sejak awal tahun dalam Yesaya 60, bahwa kegelapan dan kekelaman memang diijinkan menutupi bumi dan bangsa-banga. Tapi Tuhan juga telah memberikan janji-Nya, bahwa terang-Nya akan terbit atas kita dan membuat kemuliaan-Nya menjadi nyata atas kita. Jika kita peka, kita akan dapat melihat begitu banyak jiwa yang kehilangan arah. Haus dan rindu melihat terang kemuliaan Tuhan di tengah kegelapan. Kita akan melihat apa maksud Tuhan dibalik setiap kejadian bahkan badai hebat yang diijinkan terjadi. Inilah saatnya kita bangkit menjadi terang, menunjukkan kasih dan kerinduan Tuhan pada umat-Nya. Dan ketika kita bersama-sama meresponi petunjuk Tuhan, maka suatu kegerakan yang besar akan terjadi, yaitu kebangunan rohani terbesar di akhir jaman. (PF)

RENUNGAN
Jika kita PEKA dengan PERGERAKAN ILAHI TUHAN dan MENGIKUTI INSTRUKSI-NYA, kegerakan yang besar di bumi akan TERJADI.

APLIKASI
1. Apakah Anda dapat membaca apa maksud Tuhan dibalik apa yang sedang dunia alami saat ini? Apakah itu?
2. Apa tanggapan Anda tentangnya dan apa yang akan Anda lakukan?
3. Bagaimana Anda akan semakin melatih kepekaan Anda untuk membaca pergerakan ilahi Tuhan?
DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, kami mengucap syukur Engkau Allah yang setia memberi kami petunjuk, sehingga kami dapat tetap tenang menghadapi setiap badai kehidupan. Kami mau terus mendekat dan melekat pada-Mu agar kami semakin peka mendengarkan suara-Mu. Terimakasih Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.