Pikiran Yang Murni Dan Tertuju Pada Tuhan [REMAKA]

BACAAN HARI INI
Filipi 4:2-9

RHEMA HARI INI
Filipi 4:8 Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.

Seorang pemuda baru saja lulus sarjana kedokteran dari universitas negeri di Bandung. Ia memilih bekerja menjadi asisten laboratorium di kampusnya. Honor yang sedikit tidak membuatnya berpaling untuk pekerjaan yang lain. Ia mencintai pekerjaan itu dan melakukannya dengan sepenuh hati. Satu hari seorang profesor dari Jepang datang berkunjung. Semua dosen sibuk dengan tugas masing-masing, maka dia mendapatkan tugas tambahan untuk menemani dan membantu sang tamu. Pemuda ini sebenarnya punya hak untuk menolak, tetapi ia memilih untuk melaksanakan tugas itu. Berhari-hari ia menemani sang profesor. Tanpa kenal lelah dan dengan sukacita ia berusaha membantu dalam segala keperluannya. Baik itu urusan pekerjaan, makan bahkan wisata di sekitar Bandung.

Setelah beberapa minggu, tamu dari Jepang ini kembali ke negerinya. Pemuda ini mendapatkan cinderamata berupa arloji yang biasa dipakai tamunya. Beberapa tahun kemudian, datang kesempatan beasiswa bagi akademisi di universitas tempat pemuda ini bekerja. Beasiswa diberikan sampai jenjang S3 oleh sebuah perguruan tinggi di Jepang. Dosen-dosen senior berlomba-lomba mengirimkan aplikasi permohonan, tetapi semuanya ditolak. Ternyata profesor yang pernah berkunjung ke Bandung itu yang menolak, “Saya hanya merekomendasikan pemuda yang dulu pernah melayani saya waktu di Bandung.” katanya dengan tegas. Akhirnya sang asistenlah yang mendapat kesempatan langka itu, ia melewati semua dosen senior di universitasnya.

Sebenarnya Tuhan sudah menyediakan berkat bagi kita semua. Ketika kita merasa sepertinya janji Tuhan tidak terealisasi dalam hidup kita, atau mungkin kita berpikir seolah Tuhan melupakan kita, renungan hari ini mengajak kita untuk mengevaluasi segala aktivitas kita dengan dengan jujur. Sudahkah kita memiliki pikiran dan motivasi yang murni? Sudahkah kita fokus untuk menyenangkan hati Tuhan terlebih dahulu? Isilah pikiran kita dengan semua yang baik dan mulia. Jangan kotori pikiran kita dengan prasangka dan dugaan negatif. Bekerja dengan sebaik-baiknya seperti untuk Tuhan, mengelola keuangan dengan jujur dan cara yang benar menurut Firman Tuhan. Melayani dengan rela dan sukacita karena kita mencintai Tuhan lebih dari segalanya. Disaat kita melakukan itu semua, kemurnian setiap aspek hidup kita pun meningkat. Apapun yang kita kerjakan akan berhasil dan beruntung.

RENUNGAN
Saat kita MEMURNIKAN PIKIRAN kita dan MENUJUKANNYA KEPADA TUHAN, kemurnian setiap aspek hidup kita pun MENINGKAT.

APLIKASI
1.    Bagaimana Anda menilai pikiran Anda selama ini? Sudah adakah kemurnian di dalamnya?
2.    Apa yang menjadi fokus pikiran Anda dalam melakukan segala kegiatan Anda? Tuhan atau hal yang lain?
3.    Apa yang Anda alami dan rasakan ketika hati dan pikiran Anda murni dan tertuju pada Tuhan?
DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, tolong kami untuk menaklukkan pikiran kami. Agar hanya semua yang benar, yang mulia, yang adil, yang suci, yang manis dan sedap didengar, yang mengisi pikiran kami. Jauhkanlah kiranya semua yang buruk dan tidak pantas dari pikiran dan hati kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.