MEMBANGUN MANUSIA ROH YANG KUAT DAN KOKOH [REMAKA]

BACAAN HARI INI
Mazmur 16:1-11

RHEMA HARI INI
Mazmur 16:8 Aku senantiasa memandang kepada TUHAN; karena Ia berdiri di sebelah kananku, aku tidak goyah.

Ibu Maya terkejut mendengar perkataan kasar suaminya. Seketika itu pula darah naik ke kepalanya sampai pening sekali rasanya. Kakinya pun gemetar. Namun akhirnya ia bisa menguasai diri. Ibu Maya menarik napas panjang. Ia diam berdoa dalam hati memohon perlindungan roh kudus. Meminta Tuhan memberikannya kesabaran dan penguasaan diri. Mengikat, mematahkan dan mengusir keluar roh amarah dan perpecahan. Ia tidak mau diperdaya iblis dengan menjadi ikut emosi. Kasihnya kepada Tuhan dan kepada suaminya membuatnya bisa tetap bersabar menanggung segala sesuatu.

Mazmur 16 melukiskan bahwa penulis kitab Mazmur sangat mengandalkan Tuhan dalam seluruh hidupnya. Apapun dan bagaimanapun kondisi yang dia hadapi, ia percaya bahwa Tuhan selalu berdiri di sebelah kanannya. Ia tahu pasti bahwa kehadiran Tuhan itu senantiasa membawa bimbingan, perlindungan, sukacita kebangkitan, dan nikmat senantiasa bagi dirinya.

Semua orang boleh dikatakan sedang mengalami masa sulit saat ini. Orang menjadi gampang terpancing emosi, gampang marah dan gampang frustrasi. Tanpa kecuali, anak-anak Tuhan pun mengalaminya. Jika kita tidak tinggal tetap di dalam Tuhan, akibatnya bisa sangat memprihatinkan. Hanya saat manusia Roh kita kuat dan berbobot, kita akan tetap tegar kokoh dalam segala keadaan dan tidak mudah terbawa emosi. Tidak akan mudah tersinggung, marah, benci lalu dendam dan akhirnya kepahitan. Itu sebabnya kita sangat perlu membangun manusia Roh yang kuat di dalam diri kita. Kita perlu membangun kehidupan rohani yang berbobot. Kita bersyukur Minggu kemarin gereja kita sudah membuka kembali ibadah offline. Sebab di situlah tempatnya kita kembali akan menerima urapan Tuhan. Di situlah tempatnya kita akan kembali mendapatkan kesegaran dan kekuatan roh kita. Mari kita bangkit menjadi terang yang bercahaya di tengah dunia yang sedang dilanda kegelapan.

RENUNGAN
Saat MANUSIA ROH kita KUAT dan BERBOBOT, kita akan tetap KOKOH dalam segala keadaan dan TIDAK MUDAH terbawa emosi.

APLIKASI
1. Bagaimana keadaan manusia Roh Anda saat ini?
2. Apa tandanya manusia Roh Anda sedang lemah? Apa yang Anda rasakan?
3. Apa yang akan Anda lakukan untuk membangun manusia Roh Anda menjadi kuat dan berbobot?
DOA UNTUK HARI INI
Bapa, kami sadar bahwa hanya dalam tinggal tetap di dalam Engkau, kami akan mampu menghadapi berbagai tekanan dan kesukaran saat ini. Ingatkan kami selalu bahwa ada Engkau bersama kami. Yang memberi kekuatan, ketenangan dan memampukan kami mengatasi segala rintangan dalam hidup kami. Terimakasih Bapa, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.