Pengurapan Untuk Membebaskan Bangsa-Bangsa [REMAKA]

BACAAN HARI INI
Yohanes 12:20-36

RHEMA HARI INI
Yohanes 12:32-33 dan Aku, apabila Aku ditinggikan dari bumi, Aku akan menarik semua orang datang kepada-Ku.” Ini dikatakan-Nya untuk menyatakan bagaimana caranya Ia akan mati.

Sejak kecil setiap orang percaya pasti sudah terbiasa merayakan Paskah. Bila ditanya apa itu Paskah, sebagian besar pasti menjawab, pengorbanan Yesus di kayu salib untuk menebus dosa manusia atau kebangkitan Yesus dari kematian yang membuktikan Dia sudah mengalahkan maut. Kedua jawaban itu memang benar, tapi ada sesuatu yang jauh lebih besar dibalik perayaan Paskah yang mungkin belum sepenuhnya kita ketahui, yaitu ada pengurapan untuk membebaskan.

Saat bangsa Israel merayakan Paskah untuk pertama kalinya di Mesir, maka dalam semalam bangsa Israel dibebaskan dari perbudakan yang sudah mereka jalani selama 430 tahun (Keluaran 12:1-51). Saat bangsa Israel merayakan Paskah untuk pertama kalinya di Tanah Kanaan, maka mereka bisa menguasai bangsa-bangsa yang menduduki tanah itu (Keluaran 5:10). Dan Tuhan Yesus sendiri, Sang Anak Domba Paskah, saat Ia ditinggikan dari bumi atau disalibkan, maka Ia menarik semua orang datang kepada-Nya (Yohanes 12:32-33). Semua orang tanpa terkecuali, termasuk orang dari berbagai bangsa. Inilah kuasa yang ada di balik Paskah.

Di momen Paskah tahun ini, disaat dunia sedang berada dalam kegelapan akibat serangan Covid 19 hingga resesi ekonomi, saatnya kita bangkit untuk membebaskan bangsa kita bahkan bangsa-bangsa dari kegelapan pada terang Allah yang ajaib. Hari ini, mari bersama-sama kita menerima urapan yang akan memampukan kita membebaskan bangsa-bangsa dari kuasa kegelapan, dari sakit penyakit, dan membawa mereka kepada keselamatan yang hanya ada di dalam Yesus Kristus.
RENUNGAN
Di balik Paskah ada PENGURAPAN untuk MEMBEBASKAN bangsa-bangsa dari kegelapan pada TERANG ALLAH yang ajaib.

APLIKASI
1. Menurut Anda, apa makna paskah yang setiap tahun Anda rayakan?
2. Sudahkah Anda menyadari bahwa di balik paskah ada pengurapan untuk membebaskan bangsa-bangsa dari kegelapan?
3. Apa komitmen Anda untuk meresponi pengurapan yang telah Tuhan sediakan?
DOA UNTUK HARI INI
Bapa yang baik, terima kasih sudah menyadarkan kami bahwa di balik Paskah ada pengurapan untuk membebaskan. Kami percaya, saat ini urapan itu sudah ada dalam pribadi kami masing-masing dan kami siap membebaskan bangsa kami bahkan bangsa-bangsa dari kegelapan pada terangMu yang ajaib. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin