Pastikan Keluarga Kita Hidup Di Dalam Tuhan [REMAKA]

BACAAN HARI INI
3 Yohanes 1:1-4

RHEMA HARI INI
3 Yohanes 1:4 Bagiku tidak ada sukacita yang lebih besar dari pada mendengar, bahwa anak-anakku hidup dalam kebenaran.

Sejak aturan pemerintah tentang pandemi mulai diterapkan, bapak Yunus selalu memastikan kesehatan keluarganya tetap dalam kondisi baik. Upaya yang mereka lakukan antara lain dengan saling mengingatkan agar disiplin menerapkan protokol kesehatan seperti yang di instruksikan pemerintah. Selain itu, mereka rajin mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin serta rutin berolah raga. Tentu semua hal ini membuat kualitas kesehatan keluarga bapak Yunus kini menjadi semakin baik. Tetapi lebih dari itu semua, bapak Yunus kini juga semakin bisa merasakan kehangatan kebersamaan dengan istri dan ketiga anaknya. Kebersamaan di rumah setiap hari mereka manfaatkan dengan membangun mezbah keluarga dan belajar Alkitab bersama. Di masa pandemi yang menimbulkan kegelapan di seluruh dunia, keluarga Bapak Yunus justru bisa melihat dan merasakan terang kemuliaan Tuhan yang hadir di tengah keluarga mereka. Yaitu berkat kesatuan dan kesehatan keluarga.

Rasul Yohanes menulis surat kepada Gayus, seorang Kristen yang setia dalam kebenaran dan selalu memberikan bantuan kepada semua orang percaya lainnya. Di awal suratnya, Yohanes mendoakan agar Gayus selalu sehat dalam segala hal dan memujinya karena hidupnya yang setia dalam kebenaran dan kebaikannya yang selalu menolong dan memberikan bantuan pada para jemaat.

Semua kebaikan yang dilakukan Gayus membuat hidup pelayanan jemaat pada waktu itu dapat berjalan dengan baik. Bahkan, kehadiran Gayus menjadi jaminan bagi semua orang percaya untuk mendapatkan perlakuan yang baik selama mereka berada di kota dimana Gayus berada. Kisah Gayus ini sama halnya dengan bapak Yunus, dimana ia selalu mengupayakan agar kondisi keluarganya tetap aman di tengah situasi pandemi. Belajar dari kisah keluarga bapak Yunus dan pelayanan Gayus marilah kita terus mengupayakan hal yang terbaik untuk keluarga kita, terutama dengan menghadirkan Tuhan Yesus sebagai tempat pertolongan dan keselamatan utama dalam hidup keluarga kita.

RENUNGAN
Memastikan kesehatan keluarga itu penting, tetapi yang JAUH LEBIH PENTING dari itu adalah memastikan KELUARGA KITA HIDUP DI DALAM TUHAN.

APLIKASI
1. Bagaimana Anda memanfaatkan waktu bersama keluarga Anda di rumah selama masa pandemi?
2. Sudahkah Anda memastikan keluarga Anda hidup di dalam Tuhan?
3. Apa saja yang Anda upayakan agar setiap anggota keluarga Anda hidup di dalam Tuhan?
DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, kami mengucap syukur atas perlindungan-Mu pada keluarga kami. Kami rindu membawa keluarga kami untuk hidup di dalam Engkau. Tolong kami Tuhan, untuk menghadirkan hadirat-Mu dalam keluarga kami. Agar setiap anggota keluarga kami semakin mengenal Engkau dan melihat karya-Mu nyata dalam kehidupan kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.