Harapan Di Balik Batu Besar Yang Menghadang Kita [REMAKA]

BACAAN HARI INI
Roma 5:1-11

RHEMA HARI INI
Roma 5:5 Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita.

Di tengah pandemi COVID-19 yang kita lalui, banyak orang mengalami ketakutan dan kekuatiran. Apalagi ditambah dengan data yang diberitakan di media online maupun di media televisi mengenai korban meninggal yang terus bertambah setiap hari. Belum lagi dampak ekonomi dan sosial yang bermunculan. Pekerja harian kehilangan penghasilan, karyawan di berbagai perusahaan terkena pengurangan gaji atau bahkan kehilangan pekerjaan karena efisiensi perusahaan, toko-toko terpaksa ditutup, dan banyak usaha yang terancam kebangkrutan. Padahal baru sekitar sebulan pembatasan sosial mulai disosialisasikan dan entah sampai kapan keadaan ini akan berlangsung. Dari hari ke hari, hidup terasa semakin kelam dan gelap. Masa depan yang kita rencanakan pun seolah tertutup batu besar.

Namun, dalam Roma 5, Rasul Paulus mengingatkan kita, meski ombak besar menerpa hidup kita bertubi-tubi, kasih karunia Allah bagi kita tetap lebih besar lagi. Kita baru saja merayakan Paskah dan Paskah memberitakan bahwa ada kelepasan yang lebih besar di balik batu besar yang menghadang kita. Bukan saja Kristus telah menunjukkan kasih-Nya kepada kita melalui kematian-Nya, tetapi oleh darah-Nya yang dicurahkan di atas kayu salib kita telah dibenarkan dan dilewatkan dari murka Allah. Oleh karena itulah, kita boleh bermegah dalam kesengsaraan kita, sebab kesengsaraan menimbulkan ketekunan yang menimbulkan tahan uji dan kemudian pengharapan. Pengharapan kita kepada Tuhan pun tak akan mengecewakan, bahkan mendatangkan kemuliaan Allah.

Bukan tanpa alasan Tuhan memberikan kita mandat untuk membebaskan bangsa. Tuhan menjanjikan kita kelepasan agar kita bisa melepaskan bangsa ini dari cengkeraman kegelapan. Ingatlah, identitas kita bukanlah orang-orang yang tak berdaya, tetapi pahlawan-Nya Tuhan. Bangkitlah dan jadilah terang. Senantiasalah berdoa bagi bangsa kita, bahkan bergeraklah untuk menolong sesama yang terdampak krisis. Minta hikmat Tuhan dan lakukan apa yang bisa kita lakukan. Janganlah takut, karena dalam kebangkitan Tuhan Yesus ada pengharapan yang pasti.

RENUNGAN
PERCAYALAH bahwa MASIH ADA HARAPAN, sekalipun seolah-olah jalan kita sedang TERTUTUP BATU BESAR.

APLIKASI
1. Aspek hidup Anda yang manakah yang kini seolah sedang tertutup batu besar?
2. Mengapa Anda tidak seharusnya takut dan kuatir?
3. Komitmen apa yang akan Anda ambil supaya Anda tidak takut lagi dan bergerak untuk membebaskan bangsa?
DOA UNTUK HARI INI
Bapa di sorga, oleh anugerah-Mu, mampukan kami untuk tidak takut dan kuatir di tengah pandemi COVID-19 dan krisis ekonomi yang kami hadapi. Kami percaya, Engkau menyediakan semua yang kami butuhkan dan kami percaya Indonesia akan dibebaskan dan dipulihkan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.