Tuhan Bukakan Jalan Bagi Mereka Yang Mencari Dia [REMAKA]

BACAAN HARI INI

Yeremia 29:1-23

RHEMA HARI INI

Yeremia 29:13 apabila kamu mencari Aku, kamu akan menemukan Aku; apabila kamu menanyakan Aku dengan segenap hati,

Dalam buku Beyond Ourselves, Catherine Marshall mengisahkan pelajarannya dalam hidup oleh iman. Ia dan keluarganya tinggal di sebuah kota kecil di West Virginia, yang saat itu tengah menghadapi krisis keuangan parah di tahun 1929. Ia kesulitan biaya untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Perusahaan kereta api yang merupakan satu-satunya industri di kota itu hampir ditutup. Ayahnya yang seorang pendeta, sama menderitanya dengan semua orang disana. Bahkan dengan janji beasiswa dan $125 yang ditabungnya, Catherine masih membutuhkan beberapa ratus dolar lagi untuk bisa kuliah. Suatu malam ibunya masuk ke kamarnya dan mendapatinya sedang menangis. Impiannya untuk kuliah sepertinya kandas. Ibunya berkata, “Engkau dan ibu akan berdoa tentang ini. Kapan saja kita meminta kepada Tuhan sesuatu yang merupakan kehendak-Nya, Ia pasti mengabulkan doa kita. Jadi engkau dan ibu dapat mengandalkan janji itu.” Jawaban Tuhan datang dengan segera, Ibu Catherine ditawari pekerjaan menulis sejarah daerah mereka. Sejarah merupakan kesukaan ibu Catherine, dan dari pekerjaan itu, ia mendapatkan honor yang cukup untuk biaya kuliah Catherine dan sedikit uang lebih.

Ditengah pandemi corona ini, bukan hanya ketakutan terpapar virus saja yang membuat kita gentar. Tetapi krisis sosial ekonomi yang menyertai wabah ini juga menjadi masalah bagi banyak orang. Mungkin kita mulai berhitung ulang tentang usaha pekerjaan atau studi dan masa depan anak-anak kita. Keadaan kita seolah seperti Daniel yang terkurung didalam goa singa yang tertutup batu besar. Terjepit ditengah masalah yang sangat berat tanpa ada jalan keluar.
Hari ini saat kita memperingati Paskah, ada berita baik untuk kita semua. Yesus sudah bangkit! Dan batu besar yang menutup kubur Yesus itu, sudah digulingkan oleh Dia sendiri. Yesus lebih berkuasa dari segala masalah yang ada disekitar kita. Batu besar yang menghimpit kita hanyalah kerikil kecil bagi Tuhan. Carilah Tuhan, maka Tuhan akan menggulingkan batu masalah kita. Segala kesulitan kita sudah ditanggung-Nya. Masalah keuangan kita, usaha pekerjaan kita yang mulai goyah, kesehatan kita yang divonis sebagai penyakit ganas, ketakutan kita akan virus Corona ataupun masalah sulit yang lainnya, Tuhan sanggup menyelesaikan dengan mujizat-Nya. Sebab Dia hidup, ada hari esok.

RENUNGAN

CARILAH TUHAN, dan Dia sendirilah yang akan MENGGULINGKAN BATU BESAR itu.

APLIKASI

1.    Apa yang menjadi kekhawatiran Anda hari-hari ini?
2.    Selama ini, apa yang Anda lakukan untuk mengatasi batu besar yang menutupi jalan Anda?
3.    Sudahkah Anda mencari Tuhan terlebih dahulu sebelum Anda mengandalkan kekuatan Anda sendiri?

DOA UNTUK HARI INI

Bapa, Engkau mengerti apa yang kami rasakan hari-hari ini. Ampunilah kami bila kami lalai tidak mencari Engkau terlebih dahulu dan terhanyut dalam kekuatiran kami. Kami percaya Engkau sanggup menggulingkan dan menyingkirkan batu besar yang menindih kami selama ini. Terima kasih Bapa, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.