SUPER FOOD UNTUK KEHIDUPAN YANG BERBOBOT [REMAKA]

BACAAN HARI INI
Mazmur 1:1-6

RHEMA HARI INI
Mazmur 1:2-3 tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. 3 Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.

Beberapa waktu yang lalu pemberitaan tentang Arya Permana seorang anak yang menderita obesitas menghiasi berbagai media. Rokayah, ibu Arya bercerita bahwa anaknya mempunyai selera makan yang sangat besar. Dalam sehari Arya makan 5 kali, masing-masing 2 piring nasi dan lauknya. Belum lagi kesukaannya akan mi instan dan yang manis-manis. Semua ini membuat berat badan Arya naik drastis sejak usia 8 tahun hingga mencapai 190kg di usia 13 tahun. Membuat Arya tidak bisa lagi pergi bersekolah dan bermain-main seperti anak pada umumnya. Banyak pihak yang bersimpati dan turun tangan untuk membantu Arya. Bantuan pemerintah membuat Arya bisa menjalani operasi penyempitan lambung dan Ade Rai seorang atlit binaragawan ikut menawarkan untuk melatih Arya berolah raga. Berkat upaya dan kemauannya yang keras, kini Arya berhasil menurunkan berat badannya lebih dari 100kg hingga kini beratnya hanya 83kg. Olahraga dan menjaga pola asupan makanan kini sangat menjadi perhatian Arya.

Mempunyai selera makan memang adalah suatu anugerah, tapi bila selera itu dipuaskan secara berlebihan apalagi dengan makanan yang salah dan tidak bagus untuk tubuh kita, malah akan menimbulkan berbagai penyakit. Firman Tuhan adalah SUPER FOOD atau makanan rohani yang sangat berkualitas dan sangat bagus untuk pertumbuhan rohani kita. Firman Tuhan itu hidup dan memiliki kuasa, sehingga siapa saja yang memakannya akan mengalami perubahan dalam hidupnya. Sadar atau tidak sadar, saat kita bertekun membaca dan menggali Firman, diri kita diubahkan. Roh Kudus memberi kita hikmat dan mengoreksi kesalahan-kesalahan kita sehingga tak heran Firman Tuhan dikatakan sebagai pedang bermata dua (Ibrani 4:12).

Mereka yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam, seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil. Dalam kata lain mereka memiliki kehidupan yang berbobot, baik dimata Tuhan maupun bagi sesama manusia. Oleh sebab itu, marilah sejak hari ini kita lebih selektif dan berhati-hati menjaga setiap asupan makanan rohani yang kita makan. Pilihlah yang betul-betul berkualitas dan membawa pertumbuhan rohani maksimal bagi manusia Roh kita. (PF)

RENUNGAN
FIRMAN TUHAN adalah SUPER FOOD untuk KEHIDUPAN yang berbobot.

APLIKASI
1. Seberapa banyak Anda memberi makan manusia Roh Anda dengan Firman Tuhan setiap harinya?
2. Apa dampak yang dibawa Firman Tuhan sebagai super food bagi kerohanian Anda dan dalam kehidupan Anda sehari-hari?
3. Apa komitmen Anda untuk mendapat makanan Firman Tuhan secara rutin?
DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, kami sangat bersyukur hari ini kami bisa mendapatkan Firman-Mu dengan banyak cara. Berilah kami kehausan dan kelaparan akan Firman-Mu, bangkitkanlah selera kami yang mulai menurun. Kobarkanlah lagi dalam hati kami kerinduan akan Engkau dan jalan-jalan kebenaran-Mu. terimakasih Tuhan, di dalam nama-Mu Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.