Menjadi Saksi Di Tengah Krisis [REMAKA]

BACAAN HARI INI
Ulangan 16:1-17

RHEMA HARI INI
Ulangan 16:1 “Ingatlah akan bulan Abib dan rayakanlah Paskah bagi TUHAN, Allahmu, sebab dalam bulan Abib itulah TUHAN, Allahmu, membawa engkau keluar dari Mesir pada waktu malam.

Sampai minggu kedua bulan April ini belum ada tanda-tanda bangsa kita terbebas dari kegelapan akibat pandemi. Kondisi ini membuat perayaan Paskah minggu yang lalu tidak lagi bisa diselenggarakan di gereja. Gereja kita yang biasanya penuh dengan serangkaian acara paskah, kini menjadi sunyi. Gereja masih ditutup karena penetapan aturan ibadah di rumah. Namun demikian, peristiwa pandemi ini ternyata malah membuka lebar-lebar pintu pelayanan baru melalui media online. Selain itu banyak orang dikuatkan, karena mengimani bahwa paskah tahun ini sama dengan paskah saat bangsa Israel keluar dari Mesir yg diakhiri dengan tulah ke sepuluh. Bahkan, banyak kesaksian kesembuhan dan pemulihan mulai muncul di tengah pandemi yang mengganas ini.

Di dalam kitab Ulangan 16 diceritakan bahwa Tuhan memerintahkan bangsa Israel untuk merayakan tiga hari raya. Perayaan ketiga hari raya ini dimaksudkan agar bangsa Israel tetap mengingat masa lalu mereka yang dahulu adalah budak dan harus melarikan diri di tengah situasi yang mencekam. Peristiwa keluar dari Mesir itu adalah suatu pembebasan dan kelepasan yang besar. Karena itu, selain mengingat tentang kesengsaraan, TUHAN juga meminta mereka untuk merayakan kebebasan mereka dengan bersukaria selama tujuh hari. Melalui ungkapan sukacita itu, Tuhan ingin bangsa Israel mengucap syukur kepada-Nya. Di saat itulah Tuhan akan memberkati mereka.

Saat ini kita semua berada di tengah situasi kelam yang tidak menentu. Bayangan kematian karena pandemi, kekhawatiran hilangnya mata pencaharian karena resesi ekonomi dan ketakutan munculnya krisis sosial, membuat banyak orang hidup di bawah tekanan. Tetapi syukur kepada Tuhan, di awal tahun ini gereja kita mendapatkan rhema bahwa tahun ini adalah Tahun Kemuliaan Tuhan. Tahun dimana Tuhan menerbitkan terang-Nya pada kita supaya kita menjadi terang bagi bangsa-bangsa. Oleh karena itu mari kita imani bersama, bahwa paskah tahun ini adalah momentum di mana kita telah diselamatkan. Kita telah dibebaskan, kita telah dilepaskan, dan kita telah diberikan anugerah yang besar untuk mendapatkan kemenangan yang gilang gemilang atas semua pergumulan yang sedang kita hadapi.

RENUNGAN
Tuhan ingin memberikan KESAKSIAN BESAR di momen PASKAH ini melalui hidup kita.

APLIKASI
1. Bagaimana kesan Anda tentang perayaan paskah tahun ini? Adakah sesuatu yang istimewa?
2. Mengapa kita tidak perlu merasa tertekan dengan kondisi yang terjadi saat ini?
3. Apakah Anda mempunyai kesaksian dalam momen paskah kali ini? Sudahkah Anda bersaksi tentangNya?
DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus kami percaya ada sesuatu yang spesial dalam perayaan paskah di tahun kemuliaan-Mu ini. Memang apa yang nampak bagi kami saat ini cukup menakutkan, tetapi kami yakin bahwa akan ada kelepasan besar setelah ini, bagi kami dan juga bagi bangsa kami. Terima kasih Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.