Bebas Dari Segala Ikatan Belenggu [REMAKA]

BACAAN HARI INI
Nahum 1:9-15

RHEMA HARI INI
Nahum 1:13  Sekarang, Aku akan mematahkan gandarnya yang memberati engkau, dan akan memutuskan belenggu-belenggu yang mengikat engkau.”

Dari tahun ke tahun, Jovan sudah mendengar dan mengerti tentang janji Tuhan. Jovan taat mengikuti setiap kegerakan dan pengajaran-pengajaran yang disampaikan oleh gembala sidang gerejanya. Sehingga banyak janji Tuhan yang telah digenapi dalam hidupnya. Tapi masih ada hal sangat penting bagi Jovan, yang belum ia dapatkan. Ia belum bebas dari pergumulan masalah pekerjaan dan ekonomi, serta masih sangat terikat pada kebiasaan merokok. Dalam saat-saat teduhnya, sebenarnya Jovan merasa Tuhan sudah berkali-kali ingatkan dia soal ketergantungannya pada rokok. Entah bagaimana Jovan yakin, jika ia bisa melepaskan dirinya dari jeratan rokok, Tuhan akan benar-benar memulihkan kehidupannya secara total.

Tapi bagaimanapun Jovan berusaha, ia tidak mampu lepas dari kebiasaan buruknya. Segala cara dan terapi sudah ia coba, namun selalu gagal. Jovan merasa putus asa, bahkan sempat berdoa agar Tuhan tempatkan ia dalam suatu situasi yang memaksanya lepas dari kecanduan. Walaupun ia harus mengalami sakit pun, Jovan bersedia. Tapi sayangnya Tuhan tidak mengabulkannya, Jovan tetap sehat-sehat saja dan tidak pernah berada dalam situasi dimana ia tidak lagi bisa merokok. Meski demikian , dalam perayaan paskah tahun ini, Jovan masih berharap bahwa janji kelepasan besar dari Tuhan akan sungguh-sungguh didapatkannya.

Tuhan kita lebih dari MAMPU dan MAU melepaskan kita dari segala ikatan belenggu. Bahkan sebenarnya semua kuasa ikatan dan belenggu sudah Tuhan patahkan dan hancurkan sejak 2000 tahun yang lalu. Masalahnya adalah, seringkali kitalah yang menyodorkan diri untuk dibelenggu. Sudah dibebaskan, sudah diberi kuasa, tapi kita malah menyodorkan diri untuk tetap terikat. Bisa karena ketidaktahuan kita akan kuasa yang telah Tuhan berikan, atau memang iman percaya kita yang kurang kuat akan apa yang mampu Tuhan kerjakan. Sehingga iblis dengan mudah mengintimidasi dan membuat kita tidak berdaya. Hari ini, pegang janji Tuhan kuat-kuat. Kelepasan yang lebih besar dari yang pernah kita bayangkan, sudah Tuhan sediakan. Bangkit dan rebut janji Tuhan, bebaskan diri kita agar kita mampu menjalankan mandat dari Tuhan untuk membebaskan bangsa. (PF)

RENUNGAN
Tuhan MAMPU dan MAU membebaskan kita dari segala IKATAN BELENGGU.

APLIKASI
1.    Masih adakah belenggu yang mengikat Anda sampai hari ini?
2.    Percayakah Anda bahwa Tuhan mampu dan mau membebaskan Anda?
3.    Ucapkan perkataan profetik dengan keras sampai telinga Anda mendengar, bahwa Tuhan telah melepaskan Anda dari segala ikatan dan belenggu.
DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, kami percaya kami telah menerima kelepasan besar di tahun kemuliaan-Mu ini.Kuatkan dan teguhkan iman kami, agar kami mampu melawan tipu daya iblis yang tidak ingin melepaskan kami. Terimakasih Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.