Memahami Cara Kerja Tuhan [REMAKA]

BACAAN HARI INI
Efesus 6:10-20

RHEMA HARI INI
Efesus 6:12 karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara.

Melihat cara induk rajawali mengajar terbang anaknya, sungguh membuat hati siapapun yang melihatnya kebat kebit ketakutan. Bagaimana tidak, dengan kecepatan yang sangat tinggi induk rajawali akan terbang dan dengan sengaja menabrakkan dirinya ke sarang sehingga bayi rajawali akan terlempar keluar sarang. Dengan sigap, sang induk akan merenggut bayinya dan membawanya terbang tinggi. Lalu dengan tiba-tiba dijatuhkannya bayi rajawali tersebut. Mau tak mau si bayi akan dengan reflek berusaha mengepak-ngepakan sayap mungilnya supaya bisa terbang. Tapi usahanya tidak membuahkan hasil, si bayi rajawali jatuh meluncur ke bawah dengan cepat. Begitu tubuh bayi itu hampir menghunjam tebing atau bebatuan, seketika itu juga induk rajawali segera menyelamatkan anaknya dengan mencengkeram dan membawanya terbang kembali ke atas. Demikian berulang-ulang kurang lebih 2 minggu lamanya sampai sayap bayi rajawali cukup kuat dan terlatih untuk terbang sendiri.

Walaupun menakutkan, namun itulah cara kerja induk rajawali untuk melatih terbang anaknya. Tanpa memahami cara kerjanya, tentu kita akan menganggap induknya sudah gila atau kejam sekali. Begitupun ketika Tuhan memberikan rhema sejak awal tahun bagi gereja kita, untuk bangkit menjadi terang dan membebaskan bangsa dari kegelapan yang menutupi seluruh bumi. Awalnya mungkin kita tidak pernah menyangka bentuk kegelapan seperti apa yang akan menimpa seluruh bumi, sampai datangnya pandemi covid-19 yang kemudian terjadi. Kita akhirnya mengerti maksud dari semua mandat yang diberikan Tuhan. Bangkit menjadi terang dalam kegelapan, mengambil alih tanah perjanjian, perintah untuk merayakan Paskah sampai minggu ini rhema tuaian yang masif. Semua berhubungan dan tidak meleset dari apa yang telah Tuhan tunjukkan melalui gembala sidang kita. Inilah cara kerja Tuhan yang ajaib untuk menyelamatkan umat manusia. Suatu kegerakan besar di akhir jaman sedang terjadi. Jika kita rindu untuk menjadi bagian dari kegerakan besar-Nya, belajarlah untuk memahami cara kerja Tuhan. Setidak masuk akal dan semustahil apapun, percayalah, Tuhan kita SANGAT TAHU apa yang Dia kerjakan. (PF)

RENUNGAN
Belajarlah untuk MEMAHAMI CARA KERJA TUHAN dalam KEGERAKAN-NYA yang besar ini.

APLIKASI
1. Bagaimana menurut Anda cara kerja Tuhan dalam hidup Anda? Apa saja pengalaman Anda bersama Tuhan?
2. Bisakah Anda menangkap dan memahami cara kerja Tuhan atas bangsa kita dan seluruh bangsa yang ada?
3. Kegerakan besar apa yang sedang terjadi ditengah-tengah kita saat ini dan bagaimana Anda meresponinya?
DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, kami rasakan kegerakan-Mu makin kuat dan makin dinyatakan hari-hari ini. Tuaian demi tuaian terjadi dengan sangat cepat. Tuntunan-Mu Tuhan, sangat kami perlukan. Agar tuaian yang masif ini benar-benar dapat kami terima dengan baik tanpa ada satu pun yang jatuh sia-sia. Terima kasih Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.