Sang Pemandu Terbaik Menuju Pernikahan Yang Bahagia [REMAKA]

BACAAN HARI INI
Mazmur 86:1-17

RHEMA HARI INI
Mazmur 86:11 Tunjukkanlah kepadaku jalan-Mu, ya TUHAN, supaya aku hidup menurut kebenaran-Mu; bulatkanlah hatiku untuk takut akan nama-Mu.

Di sebuah pabrik pemintalan benang, ada sebuah tulisan di dinding yang berbunyi, “Jika benangnya kusut, datanglah kepada mandor.” Suatu hari, seorang pekerja baru mendapati benangnya kusut. Ia berusaha menguraikan dan memperbaikinya sendiri Tetapi tindakannya justru membuat benang semakin kusut. Akhirnya ia memutuskan untuk datang kepada mandornya. Ketika sang mandor melihat keadaan benangnya itu, ia bertanya, “Apakah Anda mencoba memperbaikinya sendiri?” “Ya,” jawab pekerja itu. “Mengapa Anda tidak datang kepada saya sesuai dengan perintah yang ada?” tanya sang mandor. “Saya mencoba untuk tidak menyusahkan bapak.” jawabnya. “Tidak, Anda tidak menyusahkan saya. Ingat, hal terbaik yang harus Anda lakukan adalah, jika Anda mengalami kesulitan, datang dan bertanyalah kepada saya.”

Pernikahan adalah gagasan dari Tuhan. Dan bukan hanya sebagai penggagas, tapi Dia adalah Alfa dan Omega, awal dan akhir. Sejak pernikahan pertama, Allah sudah hadir dan menjadi saksi. Tuhan melihat dan mengerti suka duka dalam pernikahan. Dia sudah melihat pernikahan paling bahagia sampai pernikahan yang paling menyedihkan. Dia tahu persis pernikahan yang sukses, tetapi Dia juga tahu apa rasanya pernikahan yang gagal. Tetapi Tuhan kita sangat merindukan pernikahan yang bahagia, sehingga Dia menyediakan dirinya sendiri untuk menjadi Pemandu dan Penolong setiap keluarga menuju pernikahan bahagia.

Saat ini, bagaimanapun keadaan pernikahan kita, sadari bahwa kita perlu Tuhan untuk menolong kita. Sebab Tuhan mengenal dan mengerti kita dan pasangan kita lebih dari siapapun. Kita perlu pertolongan Tuhan untuk bisa memahami pasangan kita dan mengatasi setiap permasalahan yang terjadi dalam pernikahan kita. Tuhan tahu lubang yang akan menghancurkan pernikahan, Dia mengerti jalan dan cara terbaik untuk menuju kebahagiaan dalam pernikahan. Keberadaan kita dengan pasangan kita tidak menyusahkan-Nya, justru Dia rindu kita yang datang pada-Nya Sang Pemandu terbaik. Meminta saran, nasehat dan tuntunan-Nya untuk merawat keluarga kita, sehingga keluarga kita menjadi pemandangan yang indah di mata Tuhan.

RENUNGAN
Sebagai PENCETUS GAGASAN PERNIKAHAN, Tuhan adalah SANG PEMANDU yang dapat menuntun kita menuju PERNIKAHAN YANG BAHAGIA.

APLIKASI
1. Apakah Anda setuju bahwa sang pencetus atau pencipta suatu karya, adalah orang yang paling mengerti dan memahami ciptaannya?
2. Sudahkah Anda mencari petunjuk perawatan keluarga dan pernikahan Anda kepada sang pencetus gagasan?
3. Apa tuntunan yang Anda dapatkan dan kesulitan apa yang Anda hadapi untuk melaksanakannya? Apa komitmen Anda untuk mengatasinya?
DOA UNTUK HARI INI
Bapa, kini kami menyadari bahwa hanya Engkau-lah yang paling tahu mengenai seluk beluk keluarga kami. Jadilah pemandu kami, yang menuntun setiap jalan kami dalam menempuh pernikahan ini. Kami percaya Bapa, dalam tuntunan-Mu, pernikahan dan keluarga kami akan sukses, berbahagia dan menjadi berkat bagi sesama. Terimakasih Bapa, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.