Mengikuti Instruksi Demi Instruksi [REMAKA]

BACAAN HARI INI

Amsal 8:1-36

RHEMA HARI INI

Amsal 8:34-35 Berbahagialah orang yang mendengarkan daku, yang setiap hari menunggu pada pintuku, yang menjaga tiang pintu gerbangku. Karena siapa mendapatkan aku, mendapatkan hidup, dan TUHAN berkenan akan dia.

Untuk menjadi pemenang, seorang atlet harus mengikuti instruksi dari pelatihnya. Untuk menjadi juara, seorang murid harus mengikuti instruksi gurunya. Untuk menang dalam suatu pertempuran, seorang tentara harus mengikuti instruksi dari panglima perangnya. Demikian juga kita, untuk memenangkan perjuangan hidup, kita harus mengikuti instruksi Pemimpin hidup kita. Siapakah Pemimpin hidup kita ? Dialah Sang Gembala Agung, Tuhan Yesus yang menjadi Pemimpin hidup kita. Dialah yang selalu memberikan instruksi demi instruksi dalam hidup kita.

Banyak tokoh di Alkitab yang taat mengikuti instruksi demi instruksi yang Allah berikan. Nabi Nuh dengan bahteranya, Musa dengan tabernakelnya dan Yosua dengan pembagian wilayah Kanaan. Pada zaman Perjanjian Baru pun Tuhan Yesus tetap memberikan instruksi secara detail kepada murid-murid-Nya. Ketika para Nabi dan para murid mengikuti instruksi demi instruksi yang Tuhan berikan, mereka selalu mengalami penyertaan Tuhan dan berhasil mencapai kemenangan demi kemenangan.

Allah pada zaman Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru adalah Allah yang sama yang dengan Allah yang kita sembah sekarang ini. Dahulu Ia memberikan arahan yang jelas dan detail, sekarang pun hal yang sama masih dilakukan-Nya. Jikalau kita ingin memenangkan setiap pertandingan hidup kita, sebaiknya ikutilah instruksi demi instruksi yang Tuhan berikan pada kita. Mungkin kita bertanya, bagaimana kita bisa mendengar instruksi-instruksi tersebut ? Melalui Roh-Nya yang Kudus yang ada dalam setiap kita yang percaya, Allah akan berbicara pada setiap kita. Roh Kudus bisa memberikan instruksi agar kita sehat dan dijauhkan dari virus yang mematikan. Roh Kudus bisa memberikan instruksi agar kita terbebas dari jerat hutang. Roh Kudus bisa memberikan instruksi bagaimana memulihkan kembali keluarga kita, masa depan kita dan pasangan hidup kita. Oleh karena itu, agar mandate untuk membebaskan bangsa ini bisa tergenapi, ikutilah instruksi yang Tuhan berikan. Baik itu melalui Gembala Sidang kita, KKS kita ataupun melalui Firman Tuhan yang kita baca setiap harinya. Semakin melekatlah kepada Tuhan sehingga instruksi yang jelas itu bisa kita tangkap dan jalankan dengan benar. Lihatlah penyertaan Tuhan dan dapatkan jaminan kemenangan yang gilang gemilang bagi yang setia mengikuti setiap instruksi demi instruksi dari-Nya. (LEW)

RENUNGAN

Mengikuti INSTRUKSI DEMI INSTRUKSI akan menjamin kita mengalami PENYERTAAN TUHAN dan KEMENANGAN yang gilang-gemilang.

APLIKASI

1. Sudahkah Anda mengikuti instruksi Tuhan dalam perjalanan hidup Anda? jika belum, apa sebabnya?
2. Apa perbedaan yang Anda rasakan ketika berjalan dalam instruksi Tuhan dengan saat Anda berjalan mengikuti keinginan Anda sendiri?
3. Apa langkah nyata Anda berjalan dalam instruksi Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI

Bapa, kami berterima kasih karena Engkau masih tetap Allah yang memberikan instruksi demi instruksi dengan jelas kepada kami. Berilah kepekaan kami untuk melakukan setiap perintah-Mu. Kami percaya penyertaan-Mu sempurna dan kemenangan pasti Kau berikan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.