Roh Yang Membangkitkan Kekuatan Dan Sumber Ketahanan [REMAKA]

BACAAN HARI INI
Yohanes 16:4-15

RHEMA HARI INI
Yohanes 16:7 Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.

Tony Stark adalah pewaris kekayaan dan perusahaan Stark Enterprises, produsen alat militer dan pertahanan. Karena kecerobohannya ia hampir menemui ajalnya saat bertransaksi di tengah kancah perang teluk. Tony terluka parah dan ditawan pihak musuh. Kejadian itu menjadi titik balik yang penting dalam kehidupannya. Ia bertransformasi dari manusia biasa menjadi sosok super hero, Iron Man. Iron Man memiliki armor atau baju untuk bertempur yang dilengkapi dengan paket elektronik yang memberi kekuatan dan daya tahan super, bisa terbang dan persenjataan lengkap. Dan yang lebih penting, peristiwa itu mengubah dirinya dari manusia egois menjadi pribadi yang bertanggung jawab.

Lebih dari sumber kekuatan Iron Man yang hanya ada dalam cerita komik, kepada kita orang percaya, Tuhan sudah menyediakan satu sumber kekuatan yang nyata. Satu pribadi yang maha hadir. Kehadiran-Nya tidak dibatasi ruang dan waktu, ada di setiap tempat, ada di segala masa. Menjadi penolong bagi setiap orang dan ada di setiap hati yang membutuhkan-Nya. Kuasanya tak terbatas. Sebesar apa kita mengimani, sebesar itu pula Dia mampu berbuat. Bahkan apa yang tidak pernah kita lihat, apa yang belum kita dengar, apa yang tidak timbul dalam pikiran kita, Dia mampu menyediakan. ROH KUDUS, pribadi ketiga dari Allah kita, sudah ada dan tersedia bagi setiap kita yang percaya.

Yesus sendiri mengetahui bahwa Roh Kudus adalah sumber ketahanan yang dapat membangkitkan kekuatan dalam diri kita. Mengundang Dia masuk dalam hidup kita, akan mentransformasi hidup kita, dari pribadi yang mudah menyerah menjadi pribadi yang tangguh. Kehadiran Roh Kudus dalam hati kita akan mengusir roh ketakutan, roh keputusasaan dan roh kesedihan. Kita akan dikuatkan dan dimampukan untuk bertahan di masa sukar. Bila Roh Kudus tinggal dan berkuasa atas kita, Dia akan memunculkan semua potensi baik yang ada dalam diri kita. Sehingga kita bukan hanya akan jadi pemenang, tapi lebih dari pemenang dalam setiap tantangan.

RENUNGAN
Yesus sendiri mengetahui bahwa ROH KUDUS adalah SUMBER KETAHANAN yang dapat MEMBANGKITKAN KEKUATAN dalam diri kita.

APLIKASI
1.    Siapakah Roh Kudus bagi Anda?
2.    Apa yang di bawa Roh Kudus dalam hidup Anda?
3.    Pengalaman apa yang Anda alami bersama Roh Kudus dalam menghadapi krisis hari-hari ini?
DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, tolong kami untuk senantiasa menyadari kehadiran Roh Kudus-Mu dalam setiap detik kehidupan kami. Sebab hanya didalam Roh-Mu kami dapat memiliki ketahanan dalam setiap tekanan. Hanya Roh-Mu lah yang bisa memberi kami kekuatan untuk melalui setiap badai dan krisis dalam hidup kami. Terima kasih Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.