Ketaatan Adalah Syarat Untuk Mendapat Instruksi Dari Tuhan [REMAKA]

BACAAN HARI INI
Lukas 16:19-31

RHEMA HARI INI
Lukas 16:31 Kata Abraham kepadanya: Jika mereka tidak mendengarkan kesaksian Musa dan para nabi, mereka tidak juga akan mau diyakinkan, sekalipun oleh seorang yang bangkit dari antara orang mati.”

Kita pasti sering mendengar atau membaca kisah tokoh-tokoh di Alkitab, seperti Abraham yang taat dan tidak menunda-nunda saat Tuhan menyuruhnya untuk mengorbankan Ishak, Nuh yang patuh membuat bahtera walau ditertawakan dan dianggap sudah gila. Atau Yosua, Daud dan tokoh besar lainnya yang menerima instruksi dari Tuhan dan menjalankannya dengan taat. Mereka semua pada akhirnya beroleh kemenangan serta anugerah luar biasa. Mungkin ada yang berkata dalam hati, seandainya saya mendapat instruksi yang sejelas itu dari Tuhan pasti saya juga tidak akan ragu menjalankannya.

Tapi kenyataan yang terjadi adalah kita sulit atau bahkan tidak pernah mendapat instruksi sejelas itu dari Tuhan. Ditambah lagi karena kekurang jelasan, timbul keraguan apa benar instruksi ini dari Tuhan atau dari hati kita sendiri. Semua ini dikarenakan kita belum mempunyai hati yang mau dengar-dengaran suara Tuhan. Hati yang belum mau taat melakukan perintah Firman Tuhan yang tercatat dalam Alkitab. Belum mau mendengarkan pesan Tuhan yang disampaikan oleh pemimpin rohani yang Tuhan tempatkan atas hidup kita.

Inilah alasan dibalik ketulian rohani untuk mendengarkan instruksi dari Roh Kudus. Bagi Tuhan, jika terhadap Firman-Nya yang tertulis saja kita tidak bisa taat, untuk apa Dia memberikan instruksi secara spesifik kepada kita. Jika terhadap pemimpin rohani yang bisa kita lihat saja kita tidak mau taat, apalagi kepada Dia yang tidak bisa kita lihat dengan mata jasmani. Ketahuilah bahwa ketaatan pada Firman Tuhan dan pada pemimpin rohani kita, akan mempertajam telinga roh kita. Ketaatan demi ketaatan membuat kita hari demi hari makin jelas mendengar instruksi dari Roh Kudus. Dengan demikian kita tidak akan ragu lagi untuk melangkah sesuai petunjuk Tuhan dan kita akan mengalami kemuliaan-Nya yang luar biasa.

RENUNGAN
Kalau terhadap firman-Nya yang tertulis saja kita TIDAK MAU TAAT, Tuhan TIDAK BISA MEMBERIKAN INSTRUKSI secara spesifik kepada kita.

APLIKASI
1.    Periksalah hati Anda, apakah selama ini Anda sudah taat pada perintah dan larangan yang tertulis dalam Alkitab? Bagaimana sikap hati Anda terhadap pesan Tuhan yang disampaikan melalui pemimpin rohani Anda?
2.    Apa yang membuat Anda sulit untuk mentaati Firman Tuhan dan pemimpin rohani Anda?
3.    Apa keputusan yang Anda ambil setelah membaca renungan hari ini?
DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, ampunilah kami yang masih belum bisa taat sepenuhnya pada Firman-Mu. Ampuni kami jika kami masih seringkali tidak menanggapi dengan serius pesan yang Engkau sampaikan melalui pemimpin rohani kami. Kami berjanji akan memperbaiki diri kami dan terus belajar untuk taat dan dengar-dengaran suara Roh Kudus-Mu. Terima kasih Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.