Kehausan Menerima Instruksi Dari Tuhan [REMAKA]

BACAAN HARI INI
Yeremia 33:1-13

RHEMA HARI INI
Yeremia 33:3  Berserulah kepada-Ku, maka Aku akan menjawab engkau dan akan memberitahukan kepadamu hal-hal yang besar dan yang tidak terpahami, yakni hal-hal yang tidak kauketahui.

Saul adalah orang yang pada awalnya dipilih Tuhan untuk menjadi raja atas Israel. Ia harus menghadapi peperangan demi peperangan melawan bangsa-bangsa yang ada di sekitar Israel. Disitu seharusnya Saul membutuhkan strategi dan instruksi dari Tuhan, supaya ia bisa memenangkan setiap peperangan. Tapi Saul tidak mengindahkan instruksi Tuhan saat harus menunggu Samuel untuk mempersembahkan korban bakaran. Dan akibat ketidaktaatan atas instruksi Tuhan itulah ia kehilangan perkenanan Tuhan. Sehingga Tuhan TIDAK LAGI BERBICARA KEPADANYA, bahkan juga tidak melalui nabi Samuel sekalipun. Dan dicatat di dalam Alkitab, saat keadaan genting dan Saul sangat membutuhkan strategi untuk menghadapi musuhnya, Tuhan tetap tidak memberikan petunjuk. Sampai ia harus mencari
seorang pemanggil arwah demi sebuah petunjuk atau instruksi tentang apa yang harus dilakukannya.

Berbeda dengan Daud, raja yang dipilih dan sangat dikenan Tuhan untuk menggantikan Saul. Daud memiliki hubungan yang sangat dekat dan selalu mengandalkan Tuhan. Dalam segala situasi, Daud terus meminta petunjuk dan penyertaan Tuhan dalam setiap langkah yang akan diambilnya. Sampai ia menggambarkan Tuhan dengan sebutan Gembalanya yang baik. Karena kehausan dan kelaparannya akan tuntunan Tuhan, tak heran jika Daud terus mendapatkan perkenanan dan instruksi yang sangat jelas dari Tuhan. Sehingga tertulis dalam  Alkitab, kemanapun Daud maju berperang, Tuhan selalu memberinya kemenangan.

Selain Daud, kita pun bisa belajar dari Yosua yang walaupun harus menguatkan dan meneguhkan hatinya, IA TETAP TAAT AKAN INSTRUKSI TUHAN. Itulah sebabnya Yosua pun berhasil dalam setiap peperangan untuk merebut tanah perjanjian. Jika kita rindu untuk menang dalam peperangan kita, milikilah hati yang haus akan petunjuk dan instruksi Tuhan. Taati langkah demi langkah dengan seksama supaya kemenangan menjadi milik kita dan nama Tuhan semakin dipermuliakan melalui hidup kita. Haleluya!

RENUNGAN
Miliki KEHAUSAN untuk menerima instruksi Tuhan, maka kita bisa MENDENGAR SUARA TUHAN dan MENANGKAP INSTRUKSI-NYA secara jelas.

APLIKASI
1.    Sudahkah Anda menerima petunjuk atau instruksi dari Tuhan dalam segala aspek hidup Anda?
2.    Apa kesulitan yang Anda alami saat Anda menanti-nantikan instruksi dari Tuhan? Bagaimana cara Anda mengatasinya?
3.    Bagaimana cara Anda untuk bisa terus memiliki kehausan untuk menerima instruksi dari Tuhan?
DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, Panglima Tertinggi kami, terimakasih kalau sampai hari ini
Engkau masih terus berbicara pada kami dan menuntun setiap langkah kami. Ajari kami untuk terus memiliki kehausan akan suara-Mu, ya
Tuhan, dan mentaatinya. Supaya kami boleh Engkau pakai untuk
menyatakan kemuliaan-Mu dalam hidup kami. Didalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.