Oleh Iman Semua Bisa Terjadi [REMAKA]

BACAAN HARI INI
Ibrani 11:1-40

RHEMA HARI INI
Ibrani 11:1 Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.

Pak Yohanes memiliki sepetak tanah di sebuah desa. Awalnya, tanah tersebut hanya ditanami palawija oleh mertuanya. Namun, Pak Yohanes ingin mencoba menanam sayuran di tanah tersebut. Setelah palawija dipanen, pak Yohanes membulatkan tekad untuk mengelola lahannya dengan menanam sayuran organik. Meskipun Pak Yohanes tidak memiliki pengalaman di bidang pertanian, dia yakin pasti bisa mengelola lahannya. Pak Yohanes pun rajin membaca-baca melalui media internet, belajar pertanian organik dan mempraktekkannya.

Meskipun beberapa tetangganya mencibir, mengatakan tidak akan berhasil mengembangkan pertanian organik, Pak Yohanes tetap percaya dia pasti bisa berhasil. Harapannya muncul ketika kuncup bunga mulai merekah diantara sayuran-sayuran yang ditanamnya. Beberapa minggu berselang, akhirnya Pak Yohanes berhasil memanen sayuran organik pertamanya. Pak Yohanes berterimakasih pada Tuhan, karena keyakinannya dijadikan Tuhan menjadi kenyataan. Meskipun butuh perjuangan dan pengorbanan untuk mempercayai segala sesuatu yang belum dilihatnya.

Memang mudah mempercayai sesuatu yang bisa kita lihat dengan mata jasmani. Sebaliknya, jika kita tidak atau belum bisa melihat sangatlah sulit untuk mempercayainya. Disinilah kita membutuhkan yang namanya “iman”. Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat (Ibrani 11:1). Bukan karena kekuatan senjata dan strategi perang, namun oleh IMAN, tembok terkuat dan terbaik di Yerikho berhasil diruntuhkan. Tuhan berikan kemenangan karena iman Yosua dan bangsa Israel. Ditengah keadaan yang penuh ketidakpastian sekarang ini, mungkin kita juga sedang menghadapi tembok permasalahan yang secara manusia tidak mungkin bisa dihancurkan. Akan tetapi, teruslah miliki iman yang teguh kepada Tuhan, jangan goyah sedikitpun. Dengan iman kita bisa membuat segala sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin. Seburuk apapun kondisi kita, percayalah Tuhan sanggup memberikan mujizat yang tidak masuk akal bagi kita. (LEW)

RENUNGAN
IMAN membuat semua yang tampaknya tidak masuk akal BISA TERJADI.

APLIKASI
1. Mengapa Anda harus memiliki iman?
2. Bagaimana cara Anda membangkitkan iman percaya Anda?
3. Apa yang Anda rasakan ketika iman Anda mulai bangkit?
DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, kami percaya Engkau akan melakukan perkara yang dasyat dan ajaib atas hidup kami, keluarga kami, kota kami dan bangsa kami. Walaupun keadaan sekarang belum terlihat baik, kami mengimani dan percaya semuanya sudah baik. Di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.