PENYEMBAH BERKUALITAS YANG TUHAN CARI [REMAKA]

BACAAN HARI INI
Yohanes 4:1-42

RHEMA HARI INI
Yohanes 4:23 Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian.

Seorang pria kaya raya hendak menikahkan putranya. Ia memerintahkan asistennya untuk mempersiapkan semua yang terbaik untuk pesta pernikahan tersebut. Hal itu termasuk cincin dan set perhiasan yang akan dikenakan pasangan pengantin serta anggota keluarga inti nantinya. Khusus untuk perhiasan ini, ia ingin melihat dan memilihnya sendiri. Berbagai perusahaan dan desainer perhiasan yang mendengar kabar ini pun mempersiapkan koleksi terbaik mereka. Satu hari ditetapkan untuk mengumpulkan semua pihak yang ingin menawarkan produk mereka. Layaknya sebuah pameran, perhiasan-perhiasan itu dipajang di sebuah ruangan. Tak ada satu perhiasan pun yang tidak berkilauan dengan cemerlang. Sambil berkeliling, sang pria kaya membuat catatan di buku notesnya. Setelah selesai, ia memberikan instruksi kepada orang-orang kepercayaannya dan tak lama kemudian beberapa penjual mendapatkan kartu hitam. Dalam keheningan yang mencekam, pria kaya itu berkata lantang, “Jangan kalian pikir aku tidak bisa membedakan berlian alami dengan yang sintetis, apalagi dengan zirkonia!”

Sekilas pandang, batu zirkonia sulit dibedakan dengan berlian. Itu sebabnya ia merupakan pengganti favorit dari berlian. Selain harganya yang lebih terjangkau, zirkonia relatif sempurna dan bahkan kedip cahayanya terlihat lebih cemerlang. Namun, segemerlap apa pun zirkonia, berlian tetaplah juaranya. Daya tahan zirkonia tidak sekuat berlian. Ia lebih mudah tergores dan semakin terkikis seiring waktu.

Bagaikan sang ahli belian, Bapa kita pun ahli dalam membedakan penyembah-penyembahnya. Ia tidak sekali pun tertipu dengan pujian-pujian yang terucap dengan fasih dan sedap didengar telinga manusia. Ia bisa membedakan ucapan-ucapan syukur yang meluap dari hati atau tidak. Sebab hanya penyembahan yang terlahir dari hati yang tulus, yang meluap dari kecintaan akan Tuhan, yang tampak seperti berlian yang tidak tergerus oleh waktu di mata-Nya. Kualitas hati seperti inilah yang Tuhan cari, dan ketika Dia menemukannya, keajaiban penyembahan pun akan kita alami. (MV.L)

RENUNGAN
Tuhan MENCARI dan MENEMUKAN penyembah-penyembah YANG BENAR.

APLIKASI
1. Apakah yang dimaksud dengan penyembah yang benar?
2. Mengapa Tuhan ingin mencari penyembah yang benar?
3. Bagaimana Anda bisa menjadi penyembah yang benar di mata Tuhan?
DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, kami datang dengan hati terbuka di hadapan-Mu. Ubahkanlah hati kami, sehingga kami bisa memiliki hati yang sepenuhnya tertuju kepada-Mu, hati yang dipenuhi ucapan syukur dari hati yang terdalam, hati yang berkenan dan bersinar di mata-Mu saat menyembah-Mu. Bukan supaya kami mendapatkan sesuatu dari-Mu, tetapi agar kami menyenangkan hati-Mu. Biarlah hidup kami memancarkan terang-Mu dan kami boleh memuliakan-Mu dengan hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”