Kebahagiaan Yang Tidak Biasa Di Tengah Krisis Dan Kesukaran [REMAKA]

BACAAN HARI INI
Yesaya 60:1-22

RHEMA HARI INI
Yesaya 60:2 Sebab sesungguhnya, kegelapan menutupi bumi, dan kekelaman menutupi bangsa-bangsa; tetapi terang TUHAN terbit atasmu, dan kemuliaan-Nya menjadi nyata atasmu.

Wabah pandemi ini berdampak cukup besar bagi keluarga bu Agus. Yang paling terasa adalah dampak dalam perekonomian keluarga. Di tengah kondisi sulit, kebutuhan malah justru semakin bertambah. Anak-anak yang harus belajar di rumah membutuhkan dana kuota yang tidak sedikit, belum lagi handphone milik si bungsu Ragil mengalami kerusakan serius hingga tak bisa dibetulkan lagi. Ragil butuh meminjam handphone ibunya untuk mengerjakan tugas sekolah dan bergaul dengan teman-temannya secara online. Karena digunakan bersama, bu Agus kini jadi tahu bagaimana dan dengan siapa anaknya bergaul. Tak disangka hal ini menumbuhkan kepercayaan dan kedekatan diantara mereka.

Lain lagi cerita kebutuhan makan, karena semua anggota keluarga harus banyak tinggal di rumah, otomatis kebutuhan makan pun bertambah. Nafsu makan anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, dan sedang dilanda bosan harus di rumah terus, membuat bu Agus harus benar-benar memutar otak untuk menyediakan kebutuhan mereka. Tapi dibalik semua kesulitan, bu Agus menemukan, pertolongan dan penyediaan Tuhan luar biasa atas keluarga mereka. Bantuan-bantuan tak terduga datang tepat pada waktunya. Pak Agus yang semula tidak serius mengikut Tuhan, melihat sendiri betapa kasih Tuhan tak pernah meninggalkan keluarga mereka. Membuat pak Agus rindu untuk kembali mendekat pada Tuhan. Di tengah kesukaran, ada kebahagiaan yang tidak biasa yang dialami oleh keluarga mereka.

Saat ini kita semua sedang menghadapi krisis dan kesukaran yang sama, yang membuat banyak orang lemah dan kehilangan semangat juang. Namun sebagai anak-anak Tuhan, justru disaat kita lemahlah penghiburan dan kekuatan dari Tuhan NYATA kita rasakan. Saat kita hanya bisa bergantung sepenuhnya pada Tuhan, hati kita jadi melekat erat kepada-Nya. Inilah jenis kebahagiaan yang luar biasa dan tidak wajar bagi dunia, tapi sungguh terjadi pada anak-anak Tuhan. Di tengah keadaan yang serba sulit, keluarga kita justru tetap bahagia, bahkan bertambah bahagia. Sebab ada terang dan kemuliaan Tuhan yang terbit atas kita, membuat kita bisa melihat dan merasakan kebahagiaan walau semua sedang dalam kegelapan. (PF)

RENUNGAN
Di tengah KRISIS dan KESUKARAN dalam dunia, percayalah KELUARGA kita akan TETAP BAHAGIA, bahkan TAMBAH BAHAGIA!

APLIKASI
1. Apa kesukaran yang sedang keluarga Anda alami saat ini?
2. Apa yang Anda temukan saat dalam kelemahan, Anda hanya bisa mengandalkan Tuhan?
3. Kebahagiaan tidak biasa apa yang Anda dapati dalam keluarga Anda di masa-masa sukar seperti sekarang ini?
DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, kami percaya segala sesuatu yang Kau ijinkan terjadi adalah untuk semakin mendewasakan iman kami. Krisis dan kesukaran ini, bukanlah untuk menghancurkan kami, tapi justru membuat kami bisa merasakan dan mengalami kebahagiaan yang tidak biasa. Kebahagiaan yang hanya bisa kami peroleh di dalam Engkau. Terimakasih Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.