Hadirat Tuhan Yang Membawa Keharmonisan Dalam Keluarga [REMAKA]

BACAAN HARI INI
Kidung Agung 4:16

RHEMA HARI INI
Kidung Agung 4:16 Bangunlah, hai angin utara, dan marilah, hai angin selatan, bertiuplah dalam kebunku, supaya semerbaklah bau rempah-rempahnya! Semoga kekasihku datang ke kebunnya dan makan buah-buahnya yang lezat.

Dalam buku “Communication is Key to Your Marriage”, disebutkan bahwa keluarga yang bahagia justru terbentuk dari dua orang yang tidak sempurna. Yang mau berjanji untuk menyerahkan diri mereka dalam cinta kasih dan mau saling menerima kekurangan serta kelebihan masing-masing. Secara alamiah, didalam keluarga akan selalu ada konflik. Tidak ada keluarga yang tidak mengalami permasalahan. Bisa antara suami dengan isteri atau antara orang tua dengan anak-anaknya. Perbedaan aturan dan kebiasaan yang didapat dari keluarga asal seringkali menjadi awal gesekan dan pertengkaran. Rasa ingin menang dan kurang pengertian dari diri masing-masing pasangan membuat persoalan seakan tidak pernah habis untuk diselesaikan.

Bagi kita anak-anak Tuhan, ketika kita mau menempatkan Tuhan sebagai kepala dari keluarga kita, rumah tangga harmonis adalah jaminan yang pasti. Tuhan sendiri yang berinisiatif untuk kita berumah tangga, sudah barang tentu keluarga yang harmonis adalah tujuan dan kesukaan Tuhan. Bagian kita adalah menempatkan diri sebaik mungkin sesuai dengan ketetapan yang telah Tuhan sampaikan pada kita. Bukan dengan cara manusia, tetapi cara Allah. Bukan dengan standar kita, tetapi dengan standarnya Tuhan. Ketaatan adalah hal yang mutlak kita kerjakan, sebab ketika kita taat, Tuhan akan bisa mengerjakan perkara yang luar biasa dalam keluarga kita.

Dimasa sulit ini, kebahagiaan keluarga adalah hal yang langka terjadi. Segala sesuatu serba terbatas dan harus berhemat. Anak-anak merasa tersiksa seolah ada dalam kurungan, para orang tua menjadi mudah marah karena kesulitan ekonomi. Tetapi hari ini Firman Tuhan berkata, selama hadirat Tuhan ada dalam keluarga kita, selama nama Tuhan tetap ditinggikan didalam rumah tangga kita, maka angin sukacita akan memenuhi rumah kita. Keharmonisan akan menguasai keluarga kita. Keluarga kita akan semakin kompak dan semakin produktif. Tingkap langit dibukakan, kebahagiaan yang tidak biasa akan kita nikmati dan rasakan bersama keluarga kita.

RENUNGAN
HADIRAT TUHAN yang membawa angin sukacita akan MEMENUHI rumah kita, sehingga yang tidak harmonis bisa menjadi SANGAT HARMONIS.

APLIKASI
1.    Apa dampak keadaan sekarang ini bagi keharmonisan keluarga Anda?
2.    Sudahkah Anda membawa hadirat Tuhan dalam keluarga Anda? Dengan cara bagaimana?
3.    Apa yang Anda dan keluarga rasakan ketika hadirat Tuhan memenuhi rumah tangga Anda?
DOA UNTUK HARI INI
Bapa, terimakasih Engkau telah berkenan hadir dalam keluarga kami. Kami percaya hadirat-Mu membawa sukacita dan keharmonisan dalam keluarga kami. Apapun yang terjadi di luar sana, keluarga kami akan selalu ada dalam perlindungan dan pemeliharaan-Mu yang luar biasa. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.