Rencana Tuhan Tidak Pernah Bisa Rusak Oleh Kegagalan Kita

BACAAN HARI INI
Ayub 42:1-6

RHEMA HARI INI
Ayub 42:2 “Aku tahu, bahwa Engkau sanggup melakukan segala sesuatu, dan tidak ada rencana-Mu yang gagal.

Luis Suarez masih berusia 18 tahun ketika dipromosikan dari Akademi Nasional ke tim utama sepakbola Uruguay. Alih-alih menggegerkan dunia dengan talentanya, Suarez justru mengalami kebuntuan di depan gawang. “Kami ingin mengirim Luis Suarez pulang di awal kariernya, karena ia tidak mencetak satu gol pun dalam lima pertandingan pertamanya.” Kata Ruben Sosa, pelatihnya di club Nacional, Uruguay. Sosa mengungkapkan banyak pendukung Nacional yang memvonis Suarez tidak mampu dan tidak akan mencetak banyak gol. Hal itu didorong fakta bahwa Suarez selalu gagal meski mendapat lima sampai enam peluang didepan gawang di setiap pertandingan. Tetapi manajemen club Nacional berkeputusan tetap mempertahankan keberadaan Suarez dalam club. “Ia adalah anak yang terus melakukan tembakan atau menanduk bola, dan ia tak pernah mau meninggalkan tempat latihan,” ucap Sosa menambahkan.

Penampilan buruk Suarez kemudian berhenti. Setelah gol pertamanya terjadi, ia terus mencetak gol. Di musim pertamanya sebagai pesepak bola profesional, ia mencetak sepuluh gol dan membawa Nacional mendapatkan gelar Liga Uruguay. Dan puncaknya, sepanjang tahun 2015 Luis Suarez mencetak 45 gol bagi clubnya, Barcelona, Spanyol. Manajemen Club Nacional melihat ada potensi luar biasa pada Luis Suarez, kerenanya meski kesalahan dan kegagalan seolah selalu dilakukan Suarez, mereka tetap memberi kesempatan dan tidak membiarkan keberhasilan besar itu menjadi rusak. Dan terbukti Suarez berhasil.

Demikian juga dengan rencana Tuhan atas hidup kita. Tuhan sudah menaruh potensi besar dan luar biasa pada setiap kita. Tuhan menyediakan masa depan yang penuh harapan dan rancangan damai sejahtera atas kita semua. Mungkin saat ini kita merasa sedang dalam kekelaman, segala yang kita kerjakan seakan selalu salah. Kita putus asa dengan keadaan rumah tangga kita, kita merasa terlalu jauh jatuh dalam dosa. Rhema hari ini mengatakan, kesalahan dan kegagalan kita saat ini tidak akan bisa merusak rencana Tuhan yang dahsyat dalam hidup kita. Sebab bagi Tuhan tidak ada kegagalan yang tidak bisa Dia perbaiki. Rencana Tuhan tetap mulia atas hidup kita. Mungkin awalnya seolah rusak dan kacau, tapi Tuhan selalu punya cara untuk mereka-rekakannya menjadi baik kembali. Itulah anugerah Tuhan atas hidup kita.

RENUNGAN
Sebesar apa pun KESALAHAN dan KEGAGALAN kita, rencana Tuhan TIDAK AKAN PERNAH BISA RUSAK oleh kita.

APLIKASI
1.    Apa yang ada dalam pikiran Anda saat menemui kegagalan?
2.    Menurut Anda, apa rencana Tuhan atas hidup Anda?
3.    Apa yang Tuhan ingin Anda lakukan saat Anda gagal atau melakukan kesalahan?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, kami percaya Tuhan, dengan cara-Mu yang ajaib Engkau sanggup mengubahkan kesalahan kami menjadi suatu kebaikan. Terima kasih Engkau tidak pernah menyerah terhadap kami. Rencana-Mu yang indah selalu masih ada untuk kami. Bantu kami Tuhan, untuk memperbaiki setiap kesalahan dan meninggalkan dosa-dosa yang mengikat kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.