ANUGERAH YANG TERCURAH DARI PENYEMBAHAN [RESIKA]

BACAAN HARI INI
Mazmur 5:1-13

RHEMA HARI INI
Mazmur 5:12-13 Tetapi semua orang yang berlindung pada-Mu akan bersukacita, mereka akan bersorak-sorai selama-lamanya, karena Engkau menaungi mereka; dan karena Engkau akan bersukaria orang-orang yang mengasihi nama-Mu. Sebab Engkaulah yang memberkati orang benar, ya TUHAN; Engkau memagari dia dengan anugerah-Mu seperti perisai.

Siapakah yang tidak mengenal sosok Ester? Seorang wanita yang kemudian diangkat menjadi ratu dan menduduki tempat yang istimewa di hati rajanya. Apakah yang sekiranya membuat Ester berbeda dari wanita-wanita lainnya yang mungkin saja lebih rupawan darinya? Jawabannya ada di kitab Ester 2:13-15. Ketika para gadis lain dapat bebas memilih apapun yang dikehendakinya untuk menghadap raja, mereka semuanya memilih menurut keinginannya sendiri. Namun tidak demikian dengan Ester. Ia memilih untuk menuruti perkataan Hagai, sida-sida raja yang mana tentu saja sangat memahami apa yang raja sukai. Sehingga hal itu membuat Ester mendapatkan hati raja, karena yang ingin ia lakukan hanyalah menyukakan hati sang raja.

Tidak hanya sampai disitu, ketika Ester harus memperjuangkan nasib bangsanya pun, ia melakukan hal-hal yang menyukakan hati rajaterlebih dahulu. Sampai di kitab Ester 7:1 disebutkan bahwa raja menanyakan kepada Ester apakah yang menjadi permintaannya, bahkan setengah kerajaan sekalipun akan dipenuhi. Bagaimana bisa sedemikian besarnya kasih raja kepada Ester? Jawabannya tentu saja karena Ester sudah berhasil melunakkan hati raja. Karena Ester memiliki hati yang mengasihi raja dan hati yang tulus kepada rajanya, maka sang raja pun dapat merasakannya sehingga hatinya menjadi luluh.

Ya, itulah yang dinamakan penyembahan yang sejati. Yaitu ketika kita datang menghadap Tahta-Nya dengan hati yang tulus karena kasih kita kepada Bapa, dan semata-mata hanya untuk menyenangkan Bapa di Surga. Ketika Raja di atas segala raja disenangkan, maka otomatis anugerah-Nya pun akan tercurah atas kehidupan kita. Hal ini sama seperti yang tertulis di injil Matius 6:33, saat kita menjadikan kerajaan Allah yang terutama, maka semuanya akan ditambahkan sebagai bonus dalam kehidupan kita. Karena sejatinya, Ia adalah Allah yang melihat hati. Apabila fokus kita hanya mengejar berkatnya saja, tentu Ia pun tahu. Namun jika kita meletakkan fokus kita untuk membawa penyembahan yang sejati ke Tahta-Nya yang Maha Kudus, maka hati-Nya pasti akan sangat disukakan.

RENUNGAN
Penyembahan akan MELUNAKKAN hati Tuhan, sehingga ANUGERAH-NYA TERCURAH atas kita.

APLIKASI
1. Sudahkah Anda memiliki sikap hati yang benar dalam menyembah-Nya?
2. Bagaimana suatu pujian penyembahan dapat melunakkan hati Tuhan?
3. Apa yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki kehidupan penyembahan Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, kami tidak mau memfokuskan pandangan kami hanya kepada berkat anugerah-Mu saja. Melainkan, kami mau belajar untuk membuat mata kami tertuju hanya kepada-Mu, hanya untuk menyenangkan hati-Mu. Karena kami tahu, itulah penyembahan yang sejati. Dan berkat anugerah-Mu itu hanyalah bagian dari bonus yang tercurah dalam kehidupan kami ketika kami menyenangkan hati-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”