LURUSKAN HATI DENGAN MENGAKUI KESALAHAN [RESIKA]

BACAAN HARI INI
1 Yohanes 1:5-10

RHEMA HARI INI
1 Yohanes 1:9 Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

Jangan berdusta, jangan berbohong! Sebenarnya pengajaran ini telah kita terima sejak kita masih sangat kecil. Baik dari orang tua, guru, maupun di sekolah Minggu. Pada dasarnya semua kepercayaan, melarang kita untuk berbohong. Karena sekali kita berbohong, maka akan ada kebohongan-kebohongan berikutnya untuk menutupi kebohongan yang sebelumnya. Kebohongan juga menunjukkan ada sesuatu yang tidak benar yang di sembunyikan atau ada kepalsuan dalam hati seseorang.

Amsal 17:20 berkata, “Orang yang serong hatinya tidak akan mendapat bahagia, orang yang memutar-mutar lidahnya akan jatuh ke dalam celaka.” Orang yang serong hatinya, tak akan segan untuk memutar-mutar lidahnya. Membalik-balik perkataan dan mengucapkan kebohongan untuk kepentingan yang tidak benar. Orang yang seperti ini tidak akan pernah bahagia. Hidupnya tidak akan tenang dan damai sejahtera sebab ia selalu ketakutan bila ketahuan dan dihantui dengan perasaan bersalah. Dan ia tidak sadar, bahwa suatu saat ia akan celaka oleh kebohongannya sendiri.

Orang yang serong biasanya awalnya tidak sadar bahwa ia serong, karena hati yang serong itu terjadinya perlahan-lahan. Hati yang mulai serong adalah salah satu penyebab hancurnya rumah tangga dan pernikahan. Dimulai dari membuka celah ketertarikan dengan orang lain atau membuka celah komunikasi dengan pria atau wanita lain yang seharusnya tidak dilakukan. Lama kelamaan akan muncul kebohongan demi kebohongan untuk menutupi hubungan yang kian dekat. Hari ini, sebelum terseret ke dalam dosa yang lebih jauh, Firman Tuhan berkata pada kita, ”Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa dan menyucikan kita dari segala kejahatan.” Segera AKUI kesalahan dan dosa kita kepada Tuhan. Hidup dan hati kita yang sudah terlanjur serong pun masih bisa Tuhan luruskan kembali. Belum terlambat untuk memperoleh kembali kebahagiaan dalam keluarga kita. Walau diawali dengan kesalahan, tapi ada pengampunan dan kebahagiaan yang tidak biasa Tuhan sediakan bagi kita yang mau mengakui dan bertobat sungguh-sungguh. Mujizat pemulihan keluarga dan pernikahan akan Tuhan kerjakan dalam hidup kita yang mau dan berniat meluruskan hati dari setiap kepalsuan. (PF)

RENUNGAN
Cara untuk MELURUSKAN HATI yang serong adalah dengan MENGAKUI KESALAHAN kita.

APLIKASI
1. Jika secara jujur menilai, sudah luruskah hati Anda? Masih adakah kebohongan dalam hidup Anda?
2. Apa alasan Anda melakukannya dan apa yang Anda rasakan ketika Anda tidak jujur tentang suatu hal?
3. Apa komitmen Anda untuk kembali meluruskan hati Anda dan memperoleh kebahagiaan?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, dihadapan-Mu tidak ada yang tersembunyi. Kau yang tahu dan melihat isi hati kami yang sesungguhnya. Ampuni kami Tuhan, jika hati kami mulai serong. Tunjukkanlah kesalahan dan dosa-dosa kami agar kami bisa segera mengakuinya dihadapan-Mu. Kami mau punya hati yang lurus agar kami berkenan kepada-Mu. Terimakasih Tuhan, di dalam nama-Mu Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.