Percaya Dengan Iman Bahwa Keluarga Kita Akan Diselamatkan [RESIKA]

BACAAN HARI INI
Ibrani 11:1-40

RHEMA HARI INI
Ibrani 11:7a Karena iman, maka Nuh — dengan petunjuk Allah tentang sesuatu yang belum kelihatan — dengan taat mempersiapkan bahtera untuk menyelamatkan keluarganya;

Nama Nuh sudah begitu familiar bagi kita semua. Bukan saja karena ia dan keluarganya berhasil selamat dari air bah yang memusnahkan seluruh isi bumi, namun juga ada sisi lain dari hidupnya yang menjadi teladan bagi kita semua. Dalam pasal yang menjadi rhema hari ini, kita dapat belajar tentang kekuatan iman dari seorang Nuh. Nuh bukanlah seorang yang berkedudukan tinggi atau hebat, tapi ia adalah seorang yang hidupnya benar dan tak bercela diantara orang-orang sezamannya. Oleh karena itu Nuh mendapat kasih karunia di mata Tuhan.

Nuh tidak memandang enteng dan mau mengindahkan perintah Allah, padahal perintah itu hampir mustahil untuk dilakukan. Alkitab mencatat Nuh melakukan semuanya itu tepat seperti yang diperintahkan Allah kepadanya (Kej 6:22). Karena IMAN, Nuh mau mengerjakan sesuatu yang belum pernah dilihatnya, bahkan belum pernah ada yang membuatnya sebelumnya. Sehingga tidak ada tutorial ataupun yang sudah punya pengalaman membuat bahtera yang luar biasa besarnya. Tapi Nuh mendengarkan baik-baik semua petunjuk Allah tentang bagaimana ia harus membuatnya, segala ukuran dan bahan-bahannya. Dengan taat ia mempersiapkan bahtera untuk menyelamatkan keluarganya. Karena iman itu pula, Nuh dipakai Allah sebagai alat hukuman bagi umat manusia yang semakin menjauh dari Allah. Dan iman yang sama juga menghantar dia dimuliakan oleh Allah dan ia seluruh keluarganya selamat dari bencana (Ibr 11:7).

Saat ini bukan air bah yang mengancam keselamatan kita, namun bencana pandemi yang melanda seluruh bumi. Namun percayalah dengan iman, bahwa seisi rumah kita pasti akan selamat dan diluputkan. Belajar memiliki iman seperti Nuh yang percaya dan mentaati setiap tuntunan Tuhan. Baik itu melalui Firman Tuhan yang disampaikan gereja kita, atapun melalui doa-doa dan saat teduh pribadi kita. Taati pesan Tuhan untuk membangun ketahanan keluarga, walaupun mungkin kita belum pernah melihat tanda-tanda pemulihan akan terjadi. Jadilah seperti Nuh yang setelah mendengar pesan Tuhan, lalu bersegera melaksanakannya. Percayalah, kasih karunia dan anugerah Tuhan akan memberkati keluarga kita, sehingga kesatuan dalam keluarga akan dibangun dan dipulihkan oleh Tuhan.

RENUNGAN
Percayalah dengan IMAN, seisi rumah kita pasti SELAMAT dan DILUPUTKAN dari pandemi yang MENYERANG SELURUH BUMI.

APLIKASI
1. Hal apa yang menjadi pergmulan Anda atas keluarga Anda saat ini?
2. Mengapa sangat penting bagi Anda untuk memiliki iman di tengah wabah pandemi seperti saat ini?
3. Apa langkah-langkah yang akan Anda ambil supaya dapat memiliki iman yang teguh seperti Nuh?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus yang baik, terima kasih Tuhan atas segala penyertaan-Mu dan perlindungan-Mu bagi seluruh keluarga kami. Ditengah pandemi yang sedang melanda seluruh bumi saat ini, kami tetap yakin bahwa kami dan seluruh isi rumah kami pasti Engkau luputkan, sehingga hidup kami dapat menjadi kesaksian dimanapun kami berada. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.