Terang Kemuliaan Tuhan Terbit Ketika Pondok Daud Dibangun [RESIKA]

BACAAN HARI INI
Yesaya 60:1-22

RHEMA HARI INI
Yesaya 60:2 Sebab sesungguhnya, kegelapan menutupi bumi, dan kekelaman menutupi bangsa-bangsa; tetapi terang TUHAN terbit atasmu, dan kemuliaan-Nya menjadi nyata atasmu.

Jika kita cermati, perjalanan gereja kita GBIKA sedari awal adalah murni perencanaan dari Tuhan sendiri. Kita tentu pernah mendengar kesaksian bapak Obaja Tanto Setiawan bagaimana beliau dipanggil menjadi gembala dan memimpin gereja kita sampai seperti sekarang ini. Ketika bapak Obaja mendapat rhema untuk membangun kembali Pondok Daud di tahun 2008, inipun termasuk dalam rencana besar Tuhan atas gereja kita. 11 tahun menjadi terang bagi mereka yang dalam kegelapan, tahun 2019 kembali Tuhan berbicara dengan sangat kuat untuk membangun Pondok Daud. Bukan hanya  di gereja pusat di Solo, tapi juga di gereja-gereja lokal yang tersebar di berbagai kota.

Bukan tanpa alasan Tuhan ingin memulihkan kembali Pondok Daud seperti jaman dahulu kala, kini kita dibukakan bahwa pemulihan Pondok Daud sangat erat kaitannya dengan mandat mengambil alih tanah perjanjian, taking over the cities. Mengambil alih bukan berarti merebut kota dari tangan penguasa atau pemerintah secara fisik, namun semua awan dan kuasa kegelapan yang menguasai suatu kota akan diubah menjadi awan kemuliaan. Itulah esensi dari merebut kota yang Tuhan mau.

Ketika Pondok Daud dibangun di suatu kota, kegelapan yang menutupi kota tersebut akan sirna. Setiap roh yang membuat manusia jatuh dalam dosa dan jauh dari Tuhan, akan dipatahkan dan dihancurkan kuasanya. Terang kemuliaan Tuhan akan terbit atas kota itu dan gereja Tuhan menjadi berkat secara nyata. Pemulihan, damai, sukacita dan kebangunan iman terjadi. Dengan membangun Pondok Daud di gereja lokal kita masing-masing, maka dampaknya bukan hanya dapat dirasakan oleh jemaat atau satu gereja, tapi satu kota ikut merasakan. Kota yang tadinya runtuh, sepi dan sulit sekali untuk maju, akan dibangun. Kemajuan pesat akan terjadi dalam setiap aspek kehidupan kota itu. Kota yang sepi akan menjadi ramai, hidup dan berkembang karena diberkati Tuhan. Dimanapun kita ditempatkan saat ini, mari bangkit, bangun Pondok Daud. Dengan mandat dari Tuhan, bersama-sama kita akan membebaskan bangsa kita juga dunia dari kegelapan pada terang kemuliaan Tuhan.

RENUNGAN
Ketika Pondok Daud DIBANGUN di suatu kota, terang kemuliaan Tuhan akan TERBIT atas kota itu dan gereja Tuhan menjadi BERKAT secara nyata.

APLIKASI
1.    Apakah rencana besar Tuhan atas gereja kita? Apakah Anda rindu untuk ikut ambil bagian?
2.    Sudahkah Anda menangkap maksud Tuhan untuk memulihkan kembali Pondok Daud? Apa pendapat Anda tentang hal ini?
3.    Jika Anda jemaat gereja lokal, apa komitmen Anda untuk membangun Pondok Daud di kota Anda?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, kami sangat-sangat diberkati dengan kehadiran Pondok Daud. Kami rasakan terang kemuliaan-Mu terbit atas pujian dan penyembahan kami. Terima kasih Tuhan, kami percaya kota demi kota, bahkan bangsa demi bangsa akan kami rebut. Pertobatan, pemulihan dan kebangunan rohani terbesar di akhir jaman akan segera terjadi. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.