Kita Butuh Dimurnikan Meskipun Menyakitkan [RESIKA]

BACAAN HARI INI

Yakobus 1:2-8

RHEMA HARI INI

Yakobus 1:2-4 Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan, sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan. Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apapun.

Kebanyakan orang mengenal emas yang sudah dalam bentuk perhiasan, sudah diukir untuk dijadikan suatu bentuk yang indah, seperti cincin, kalung, gelang dan sebagainya. Namun emas yang murni sebenarnya lembut dan lentur sehingga mudah dibentuk. Cara pemurnian emas ditempuh lewat proses pembakaran dengan suhu yang sangat tinggi. Kita dapat membayangkan seandainya emas itu hidup dan bisa berbicara, tentu emas tersebut akan berteriak- teriak kesakitan penuh penderitaan karena harus ‘tersiksa’ dalam proses pemurniannya. Akan tetapi pada akhirnya kita semua bisa melihat perbedaan kualitasnya. Harga emas murni jelas jauh di atas emas dengan berbagai campuran meski hadir dalam bentuk-bentuk perhiasan menarik.

Seperti halnya emas, ketika Tuhan mengijinkan kita masuk dalam proses pemurnian, kita akan rasakan bahwa proses itu sangat menyakitkan bagi kita. Mungkin kita akan berteriak pada Tuhan, seakan tak kuat lagi menanggung rasa sakitnya. Kita meminta agar proses itu segera dihentikan agar kita tak lagi tersiksa. Tapi ingatlah, meskipun rasanya menyakitkan bagai dibakar api dalam suhu tinggi, meskipun butuh waktu lama untuk bisa pulih sebelum kita bisa berjuang kembali, kita butuh proses itu untuk bisa menjadi murni seperti emas 24 karat.

Segala kekotoran kita termasuk yang di dalam hati, akan dibuang. Sehingga seperti emas yang walaupun lentur dan mudah dibentuk, tapi juga merupakan logam yang sangat kuat dan tahan terhadap korosi. Murni dan mudah dibentuk oleh Tuhan sehingga kita bisa berjalan sesuai rencana-Nya, kuat dan tahan menghadapi segala bentuk godaan dan cobaan yang hendak mengalihkan kita dari tujuan Tuhan. Itulah sifat-sifat yang sangat dibutuhkan dalam perjuangan untuk menjalankan mandat mengambil alih dan membebaskan bangsa dari kegelapan.

RENUNGAN

PEMURNIAN mungkin MENYAKITKAN dan BUTUH WAKTU LAMA untuk bisa pulih SEBELUM BERJUANG kembali, tetapi proses itu DIBUTUHKAN.

APLIKASI

1. Menurut Anda mengapa proses pemurnian itu penting?
2. Apa pandangan Anda sekarang tentang proses pemurnian?
3. Apa pengaruhnya dalam hidup Anda setelah Anda melewati proses pemurnian?

DOA UNTUK HARI INI

Ya Bapa, sungguh kami sangat mengucap syukur untuk setiap hari-hari yang telah terlewati, kami percaya penyertaan-Mu selalu nyata dalam hidup kami. Apapun yang kami alami atau kami hadapi saat ini, sekalipun ini berat, kami mau tetap berpegang kepada iman kami, agar kami muncul sebagai emas yang murni. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.