JANGAN SAMPAI TERLEWAT MOMEN ILAHI YANG LUAR BIASA [RESIKA]

BACAAN HARI INI
Lukas 21:25-33

RHEMA HARI INI
Lukas 21:26 Orang akan mati ketakutan karena kecemasan berhubung dengan segala apa yang menimpa bumi ini, sebab kuasa-kuasa langit akan goncang.

Malam itu, gedung tempat Maya bekerja tiba-tiba mati lampu. Awalnya Maya dan rekan kerjanya berpikir bahwa itu hanyalah pemadaman biasa. Tidak lama lagi generator akan berfungsi dan lampu akan menyala sebentar lagi. Namun setelah 10 menit berlalu dan lampu belum juga menyala, Maya pun mencoba menghubungi nomor teknisi yang bertugas. Belum sempat teleponnya tersambung, tiba-tiba saja ada bunyi ledakan besar disusul dengan suara gemuruh. Sontak seluruh karyawan di lantai tempat Maya bekerja menjadi ketakutan. Ditambah lagi salah seorang rekan kerjanya mengatakan bahwa ia melihat ada api menyala di lantai di atas mereka. Segera Maya menghubungi pemadam kebakaran yang tidak lama kemudian datang dan berusaha memadamkan api itu. Beberapa petugas pemadam kebakaran pun nampak bergegas menolong setiap orang untuk keluar dari gedung tersebut.

Di tengah-tengah ricuhnya suasana, ada satu teman Maya, Jingga, yang sangat amat ketakutan di ruangan yang gelap dan penuh asap itu. Sampai-sampai Jingga jadi tidak bisa mendengarkan instruksi yang diberikan petugas pemadam kebakaran. Ia tenggelam dalam kepanikannya sendiri dan malah bersembunyi di bawah meja kerjanya. Akibatnya, ketika semua koleganya sudah berbaris turun melalui tangga darurat, Jingga masih tertinggal seorang diri di lantai itu. Beruntung Maya menyadari bahwa Jingga belum ada bersama mereka dan segera memberitahukannya kepada petugas. Salah seorang petugas segera kembali ke atas dan beruntung Jingga dapat diselamatkan sebelum api akhirnya turun ke lantai tersebut.

Belajar dari kisah di atas, kita tahu bahwa saat kegelapan dan kekelaman melanda, tentu sangatlah wajar jika kita menjadi takut karenanya. Namun, segeralah bangkit! Jangan terus menerus tinggal dan tenggelam dalam ketakutan kita. Karena kita bisa saja melewatkan momen Ilahi yang dapat membebaskan kita. Bangkit dan bergerak melangkah keluar dari ketakutan kita. Karena setiap kita ini telah dipanggil untuk menjadi terang, maka sekalipun di dalam kegelapan dan dilanda ketakutan, tetaplah andalkan Yesus dan jadilah terang dengan menolong sesama kita untuk keluar dari kegelapan.

RENUNGAN
Kalau kita tenggelam dalam KETAKUTAN dan KEPANIKAN di tengah kegelapan, kita bisa MELEWATKAN MOMEN ILAHI yang luar biasa.

APLIKASI
1. Apakah yang menjadi ketakutan Anda saat ini? Sudahkah Anda berhasil mengatasinya?
2. Menurut Anda, mengapa Tuhan ijinkan kegelapan dan kekelaman terjadi?
3. Bagaimana cara Anda agar tidak tenggelam dalam ketakutan dan kepanikan?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, kami tahu Engkau mengijinkan kegelapan dan kekelaman menutupi bangsa-bangsa karena akan ada momen Ilahi yang akan terjadi setelahnya. Kami percaya bahwa kami anak-anak-Mu tidak akan tenggelam dalam kekelaman itu, melainkan kami akan bangkit menjadi agen yang membawa terang-Mu, sehingga kami boleh membawa jiwa-jiwa yang di dalam kegelapan kepada terang-Mu yang ajaib. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”