Kemurnian Menyediakan Ruang Yang Lebih Besar Bagi Roh Kudus [RESIKA]

BACAAN HARI INI
Lukas 5:33-39

RHEMA HARI INI
Lukas 5:37 Demikian juga tidak seorangpun mengisikan anggur yang baru ke dalam kantong kulit yang tua, karena jika demikian, anggur yang baru itu akan mengoyakkan kantong itu dan anggur itu akan terbuang dan kantong itupun hancur.

Maria Veronica Mardjuki, wanita yang akrab dipanggil Lovisa, mulai membangun usaha boneka bulu pada tahun 1995. Seperti kebanyakan pengusaha, Lovisa pun ingin sukses dan kaya. Untuk itu ia tak segan menempuh jalan pintas dengan mengandalkan kuasa gelap atau ilmu hitam dari dukun agar usahanya laris manis. Karena begitu mencintai Lovisa, sang suami Johanes Mardjuki pun mendukung apapun yang dilakukan sang istri. Usaha mereka memang berjalan sangat baik, namun lambat laun peragai Lovisa mulai berubah. Ia menjadi pribadi yang sombong dan kehilangan rasa hormat pada suami. Pertengkaran menjadi makanan sehari-hari dan kata cerai berulang kali terucap dari mulut keduanya. Walau secara materi mereka berkelimpahan, namun tidak ada sukacita dan damai sejahtera dalam keluarga mereka.

Sampai akhirnya karena terlalu berambisi, Lovina salah perhitungan dalam usaha memperluas usahanya. Mereka terlilit hutang yang sangat besar dan kejaran penagih hutang membuat hidup mereka sangat mencekam. Dalam situasi sulit inilah mereka bertemu dengan seorang hamba Tuhan yang mendoakan mereka. Lovisa pun dengan jujur mengakui semua kesalahan yang dia sudah lakukan. Hamba Tuhan inipun mulai berdoa pelepasan. Saat itulah Tuhan bekerja atas Lovisa dan suaminya. Damai sejahtera dapat mereka rasakan walaupun masih terlilit hutang. Setelah meninggalkan dosa dan berbalik pada Tuhan, hidup mereka mengalami kelimpahan berkat yang tak terduga sehingga dalam 2,5 tahun mereka dapat melunasi hutang-hutangnya.

Ketika kita menyingkirkan dosa dan semua hal yang tidak berkenan di hadapan Tuhan, berarti kita sedang menyediakan ruang yang lebih besar untuk menerima kepenuhan Roh Kudus lebih lagi dalam kehidupan kita. Kita menerima kuasa Tuhan lebih dahsyat bermanifestasi dalam hidup kita. Kuasa Tuhan yang akan mengerjakan mujizat, keajaiban dan terobosan-terobosan yang tidak masuk akal. Seperti emas yang harus melewati proses panjang sebelum menjadi murni, gunakan setiap proses kehidupan yang Tuhan ijinkan terjadi untuk semakin memurnikan diri kita. Kemasi dan buang jauh-jauh semua dosa, sifat dan kebiasaan buruk kita agar Roh Kudus mendapat tempat seluas-luasnya untuk bekerja penuh dalam kehidupan kita. Tuhan Yesus memberkati. (ABU)

RENUNGAN
Ketika kita MEMURNIKAN hidup, sesungguhnya kita sedang menyediakan RUANG LEBIH BESAR untuk MENERIMA KEPENUHAN Roh Kudus lebih lagi.

APLIKASI
1.    Apa yang selama ini mendominasi ruangan dalam kehidupan Anda?
2.    Sudahkah Roh Kudus mendapat tempat yang luas untuk bekerja?
3.    Coba renungkan apa saja yang tidak berkenan dan mendukakan hati Tuhan dalam hidup Anda. Ambil komitmen untuk menyingkirkannya dengan segera.

DOA UNTUK HARI INI
Bapa yang baik, bantulah kami untuk menyingkapkan apa saja yang harus kami buang untuk memurnikan hidup kami di hadapan-Mu. Kami undang dan sediakan ruang seluas-luasnya bagi Roh Kudus-Mu untuk berkuasa dan memenuhi setiap aspek kehidupan kami. Terimakasih Bapa, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.