Rahasia Memperoleh Hidup Yang Berkemenangan [RESIKA]

BACAAN HARI INI
1 Petrus 1:3-12

RHEMA HARI INI
1 Petrus 1:7 Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu–yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api–sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya.

Sore itu hujan turun dengan sangat deras, basah kuyup Kai memasuki rumah dan bergegas ke kamar mandi. Tak lama kemudian terdengar teriakan Kai,”Maaa, kenapa airnya kecil sekali keluarnya? Kai mau mandi keramas nggak cukup airnya!” Mama Kai bergegas datang sambil membawa seember air. “Ini, pakai air ini dulu. Memang dari tadi airnya tidak lancar, mungkin kotor tandon air kita.” Benar saja, ketika esok harinya mama Kai memanggil seorang tukang ledeng untuk memeriksa tandon air, memang kotor dan banyak lumut sehingga menyumbat pipa yang menyalurkan air ke rumah. Setelah dibersihkan, air kembali mengalir dengan lancar dan kencang.

Dosa, tabiat dan kebiasaan buruk yang kita simpan dan pelihara, jika tidak dibersihkan pada akhirnya akan menyumbat saluran berkat dan kuasa Tuhan yang seharusnya mengalir dalam hidup kita. Inilah yang menyebabkan bangsa Israel bisa kalah melawan kota kecil bernama Ai, padahal sebelumnya mereka menang dengan gemilang atas Yerikho, kota benteng yang sangat kuat. Seorang Israel bernama Akhan, diam-diam melakukan dosa dan menyimpan dosa dengan mengambil barang-barang yang dikhususkan untuk rumah Tuhan. Akibatnya bangsa Israel kalah dengan sangat memalukan. 36 orang Israel tewas dan sisanya lari terbirit-birit dikejar orang-orang Ai. Hanya setelah dosa itu disingkirkan dan bangsa Israel memurnikan diri, maka kuasa Tuhan kembali dicurahkan. Yang tadinya kalah, kemudian bisa menang. Merebut wilayah demi wilayah sampai mereka akhirnya berhasil menguasai seluruh tanah perjanjian.
Sadarilah jika kita tidak tega memotong hal-hal yang kotor dari hidup kita, kitalah yang akan terpotong dari berkat yang telah Tuhan sediakan. Dosa adalah penghalang kita untuk meraih janji-janji Tuhan dan membuat kita senantiasa kalah dalam menghadapi masalah. Segeralah akui dan minta ampun atas dosa kita. Bereskan dengan segera di hadapan Allah. Meskipun berat, meskipun sakit untuk memotong dosa, tapi kita akan menjadi murni seperti emas yang teruji oleh api. Saat itulah kapasitas kita akan diperbesar sehingga hidup kita berkemenangan. Kita tidak lagi hidup sebagai pecundang yang selalu kalah sebab kuasa Tuhan yang dicurahkan membuat kita mampu merebut dan memperluas wilayah kekuasaan kita sampai seluruh janji Tuhan tergenapi dalam hidup kita.

RENUNGAN
Saat kita MENYINGKIRKAN DOSA dan MEMURNIKAN DIRI, kuasa Tuhan akan kembali dicurahkan, sehingga hidup kita BERKEMENANGAN.

APLIKASI
1. Apakah Anda merasa masih selalu kalah dalam peperangan yang Anda hadapi? Dalam hal apakah itu?
2. Apa yang harus Anda lakukan jika ingin hidup Anda berkemenangan?
3. Komitmen apa yang akan Anda buat dihadapan Tuhan untuk memurnikan diri Anda?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, kami lelah hidup dalam kekalahan. Kami rindu mengalami hidup yang berkemenangan bersama Engkau. Tolong mampukan kami untuk menyingkirkan dosa dan memurnikan diri kami agar kuasa-Mu mengalir kembali dalam hidup kami. Terima kasih Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.