MANUSIA ROH YANG KUAT DAN BERBOBOT TAK BISA DIKALAHKAN OLEH IBLIS [RESIKA]

BACAAN HARI INI
Lukas 10:17-20

RHEMA HARI INI
Lukas 10:19 Sesungguhnya Aku telah memberikan kuasa kepada kamu untuk menginjak ular dan kalajengking dan kuasa untuk menahan kekuatan musuh, sehingga tidak ada yang akan membahayakan kamu.

Ketika ketujuh anak Skewa mencoba untuk mengusir setan yang merasuki tubuh seseorang dengan memakai nama Tuhan Yesus, roh jahat itu menjawab, “Yesus aku kenal, dan Paulus aku ketahui, tetapi kamu, siapa kamu?” Alih-alih berhasil mengusir roh jahat, orang yang sedang dirasuki itu malahan menerpa mereka dan mengagahi mereka semua dan mengalahkannya, sehingga mereka lari dari rumah orang itu dengan telanjang dan luka-luka (Kis 19:15-16). Iblis sangat mengenal Yesus, sebab Yesus mengalahkan pencobaan iblis di padang gurun (Mat 4), dan Yesus menang telak untuk selama-lamanya dengan kematian-Nya di kayu salib. Iblis pun tahu siapa Paulus, sebab pertobatan total Paulus setelah mengalami kasih dan anugerah Tuhan, membuatnya memiliki iman yang begitu tangguh dan tak tergoyahkan.

Baik Yesus sebagai anak manusia maupun Paulus, mempunyai manusia Roh yang sangat kuat dan bobotnya tak perlu diragukan lagi. Itu sebabnya iblis kapok dan berpikir lagi seribu kali untuk berhadapan dengan mereka. Lain halnya dengan anak-anak Skewa, yang meskipun ayah mereka adalah seorang imam kepala Yahudi, tapi mereka malah berprofesi sebagai tukang jampi. Sehingga meskipun mereka memakai nama Yesus, namun iblis sama sekali tidak takut, bahkan menyerang dan mengalahkan mereka. Apa yang mereka ucapkan, sama sekali lain dengan apa yang ada dalam hati mereka yang tidak percaya kepada Yesus.

Hari ini banyak sekali anak-anak Tuhan yang jatuh dan dikalahkan iblis. Alkitab berkata, iman tanpa perbuatan adalah mati. Bibir ini bisa dan mudah berkata-kata hebat tentang iman, tapi apakah hati juga mengaminkan apa yang bibir katakan tentang iman? Tanpa pengenalan yang benar akan Tuhan kita Yesus Kristus, tidak akan ada kepercayaan dan iman yang mutlak. Iman kita akan keropos dan lemah. Mudah di goncang, mudah diserang bahkan dijadikan permainan iblis. Hanya jika kita membangun manusia Roh kita sedemikian rupa, kita akan tetap kokoh meski diserang seperti apapun. Isilah hati dan Roh kita dengan Firman Tuhan, baik lewat ibadah maupun saat teduh pribadi. Ibadah online memang tak kalah baiknya, tetapi pengurapan dan hadirat Tuhan yang secara langsung berdampak pada kekuatan Roh kita dalam ibadah offline, tetap tak tergantikan. (PF)

RENUNGAN
Jika kita memiliki MANUSIA ROH yang KUAT dan BERBOBOT, iblis TIDAK BISA MENGALAHKAN kita.

APLIKASI
1. Apakah Anda menyadari bahwa iblis tak pernah berhenti untuk mencoba menyerang dan mengalahkan pekerjaan Tuhan?
2. Apa yang coba untuk iblis kalahkan dalam hidup Anda hari-hari ini?
3. Apa komitmen Anda untuk memperbesar dan memperkuat kehidupan rohani Anda?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, kami sadar bahwa saat ini kami sedang berada di tengah peperangan rohani yang begitu kuat. Terimakasih telah mengingatkan kami untuk terus membangun dan memperkuat manusia Roh kami, sehingga kami dapat keluar sebagai pemenang dalam peperangan ini. Dalam nama-Mu Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.