PERBEDAAN BESAR DENGAN ADANYA HADIRAT TUHAN [RESIKA]

BACAAN HARI INI
Mazmur 16:1-11

RHEMA HARI INI
Mazmur 16:8 Aku senantiasa memandang kepada TUHAN; karena Ia berdiri di sebelah kananku, aku tidak goyah.

Ada banyak hal di dunia ini yang bisa membuat kita takut dan gentar. Penyakit, kelaparan, kemiskinan, kegagalan, kesepian, dan sebagainya. Kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk tidak mengalami kemalangan-kemalangan tersebut. Tanpa sadar, kita sering mengandalkan kemampuan, kekayaan atau kekuatan kita untuk menghindarinya. Fokus kita hanya tertuju pada besarnya masalah dan seringkali merasa masalah yang kita hadapi lebih besar daripada kekuatan atau kemampuan kita. Sehingga kita menjadi orang yang pesimis dan lupa bahwa Tuhan lebih besar dari masalah kita.

Belajar dari pengalaman Daud dalam menghadapi para lawannya. Daud berkata: “Aku senantiasa memandang kepada Tuhan; karena ia berdiri di sebelah kananku, aku tidak goyah (Mazmur 16:8). Daud tahu rahasia hidup berkemenangan, yaitu saat dia mengandalkan Tuhan dan menjadikan Tuhan sebagai tempat dia berharap dan mendapatkan pertolongan. Daud percaya bahwa hadirat Tuhan-lah yang sanggup mengubahkan hidupnya dan memberikan kekuatan dalam menghadapi masalah-masalahnya. Selama hidupnya, khususnya dalam masa-masa sulit, Daud mengalami sendiri bagaimana Tuhan hadir menyertai hidupnya dan memberikan pertolongan yang ajaib. Baginya, Tuhan selalu ada di sebelah kanannya, memegang erat tangannya serta menuntun dan memberikan pertolongan pada waktunya.

Jika Tuhan sanggup mengubahkan kehidupan Daud, begitupun dengan kehidupan kita saat ini. Mungkin diantara kita saat ini ada yang sedang mengalami pergumulan yang berat, problem yang berat, beban pekerjaan yang membuat stres, masalah rumah tangga yang rumit, tekanan ekonomi yang semakin hari semakin menyesakkan, dan lain sebagainya. Namun, percayalah bahwa kehadiran Tuhan sanggup membawa perbedaan besar dalam kehidupan kita. Ketika Tuhan hadir dalam kehidupan kita, kita akan menjadi orang-orang yang tidak mudah putus asa dan selalu mempunyai pengharapan di dalam Tuhan. Dan karenanya, pertolongan, tuntunan dan kuasa Tuhan sungguh-sungguh dinyatakan-Nya dalam kehidupan kita.

RENUNGAN
KEHADIRAN TUHAN membawa PERBEDAAN BESAR dalam kehidupan kita.

APLIKASI
1. Apa arti dari kehadiran Tuhan dalam hidup Anda?
2. Apa perbedaan yang Anda rasakan ketika Tuhan hadir dalam hidup Anda?
3. Bagaimana cara Anda untuk menghadirkan Tuhan dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus terima kasih untuk perkataan-Mu melalui renungan pada siang hari ini. Kami rindu menghadirkan Engkau dalam segala hal yang kami lakukan dalam hidup kami. Karena kami tahu, bersama-Mu kami sanggup melakukan segala perkara dan bahkan Engkau membuatnya menjadi berhasil. Terima kasih Tuhan. Di Dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.