Kebebasan Dan Keselamatan Dalam Hari Raya Paskah [RESIKA]

BACAAN HARI INI
Keluaran 12:1-28

RHEMA HARI INI
Keluaran 12:27 maka haruslah kamu berkata: Itulah korban Paskah bagi TUHAN yang melewati rumah-rumah orang Israel di Mesir, ketika Ia menulahi orang Mesir, tetapi menyelamatkan rumah-rumah kita.” Lalu berlututlah bangsa itu dan sujud menyembah.

Mendengar kata perbudakan, yang terlintas dalam pikiran kita tentunya adalah suatu kondisi dimana seseorang kehilangan kebebasan dan kuasa atas dirinya sendiri. Dimana ada satu kekuatan yang membelenggu dan mengintimidasi yang menyebabkan orang itu tidak berani atau tidak sanggup untuk melepaskan diri. Tidak berdaya ketika dipermainkan atau diperlakukan sekehendak yang memperbudaknya. Inilah yang dialami oleh bangsa Israel ketika berada dalam perbudakan Mesir. Di zaman ini memang tidak lagi ada perbudakan seperti yang dialami oleh bangsa Israel, namun perbudakan tetaplah ada. Bentuknya kini adalah segala bentuk ikatan, ketergantungan, kecanduan, sakit-penyakit dan berbagai bentuk belenggu kegelapan lainnya.

Jika dalam Perjanjian Lama, paskah atau pass over adalah momen ketika Tuhan membebaskan bangsa Israel dari perbudakan Mesir, maka dalam Perjanjian Baru paskah adalah penggenapan peringatan pengorbanan Yesus yang disalibkan untuk menebus dosa kita semua. Meskipun paskah yang dilakukan di Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru berbeda, namun  memiliki makna yang sama, yaitu PEMBEBASAN UMAT TUHAN DARI BELENGGU PERBUDAKAN. Hari ini kita merayakan paskah, setelah lebih dari 2000 tahun berlalu, Tuhan kita tetap Tuhan yang sama. Tuhan yang ingin membebaskan kita umat-Nya dari segala bentuk perbudakan dan menggantinya dengan keselamatan.

Ikuti dan rayakan momen paskah tahun ini dengan segenap hati. Syukuri dan arahkan hati kita pada Sang Anak Domba Paskah. Jika kita berani percaya maka kuasa kelepasan yang berlaku di zaman bangsa Israel ada di Mesir akan Tuhan kerjakan lagi. Ini waktunya kita TERLEPAS dari semua yang telah membelenggu kita selama ini. Tuhan akan membuat pembedaan lagi antara orang yang percaya dan tidak percaya. Sama seperti di Mesir ada tangisan, tapi dalam daerah Israel ada sorak sorai. Sekalipun di dunia ada kematian, tapi karena Anak Domba kita di luputkan, kita di lepaskan, kita diselamatkan. Dan maut tidak bisa menguasai kita lagi. (PF)

RENUNGAN
PASKAH adalah momen ketika Tuhan MEMBEBASKAN umat-Nya dari segala bentuk perbudakan dan menggantikannya dengan KESELAMATAN.

APLIKASI
1.    Apakah saat ini Anda masih merasa dalam perbudakan? Dalam hal apakah itu?
2.    Seberapa rindu Anda menerima kelepasan dalam paskah kali ini?
3.    Apa yang akan Anda lakukan agar pada momen paskah tahun ini Anda sungguh-sungguh menerima pembebasan dan keselamatan dari Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, kami menaruh pengharapan besar bahwa engkau akan membawa kelepasan dan keselamatan bagi kami di tahun kemuliaan-Mu ini. Kami percaya Engkau akan membebaskan kami seperti Engkau telah melepaskan bangsa Israel dari perbudakan dengan tangan-Mu yang kuat dan perkasa. Terima kasih Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.