Pilihan Ada Di Tangan Kita Sendiri [RESIKA]

BACAAN HARI INI
Ulangan 30:11-20

RHEMA HARI INI
Ulangan 30:19 Aku memanggil langit dan bumi menjadi saksi terhadap kamu pada hari ini: kepadamu kuperhadapkan kehidupan dan kematian, berkat dan kutuk. Pilihlah kehidupan, supaya engkau hidup, baik engkau maupun keturunanmu,

Sadar atau tidak sadar, dari sejak kita membuka mata pertama kali di pagi hari, kita sudah dihadapkan dengan berbagai pilihan. Mau langsung bangun dan beraktivitas, atau bersaat teduh dahulu, atau malah meneruskan tidur sebentar lagi. Sarapan apa yang hendak kita makan, baju apa yang ingin kita kenakan, segera mandi atau olahraga ringan sebelum mandi dan lain sebagainya. Hidup ini tak pernah bisa lepas dari pilihan, kita selalu harus memilih apa yang hendak kita kerjakan.

Demikian pula dengan kehidupan rohani kita. Walaupun kita tidak bisa memilih soal kelahiran kita, tapi kita bisa memilih mau hidup seperti apa dan mati seperti apa. Adalah Yabes, sebuah nama dalam Alkitab yang sangat terkenal karena doanya (1 Tawarikh 4: 9-10). Karena kesulitan melahirkan dan merasakan sakit yang teramat sangat, ibunya memberi dia nama Yabes, yang artinya “penderitaan” atau “kesakitan”. Yabes punya banyak alasan untuk hidup dalam keputusasaan, kekecewaan, kepahitan dan kegagalan sebab masa depannya seolah sudah digariskan oleh nama pemberian ibunya. Namun Yabes memilih untuk tidak mau menyerah pada nasip, ia tidak mempersalahkan ibunya atau saudara-saudaranya. Dia tidak mau melakukan sesuatu yang buruk, DIA MEMILIH untuk lebih serius membangun hubungan dengan Tuhan. Yabes makin bertekun dalam doa, berseru-seru pada Tuhan, dan Tuhan menjawab doa Yabes. Hidupnya sangat diberkati bahkan lebih dipermuliakan daripada saudara-saudaranya.

Apapun yang sedang kita hadapi saat ini, kita PUNYA PILIHAN. Menyerah pada nasip dan keadaan, atau kita mau bangkit seperti Yabes dan makin sungguh-sungguh mencari Tuhan dan kebenaran-Nya. Bukan masalah doa Yabes bertuah seperti mantra-mantra, tapi karena Yabes membangun hubungannya dengan Tuhan, membangun manusia Rohnya, maka dia sangat tahu bahwa Tuhan adalah pemberi dari segalanya. Bahwa Tuhan akan memberikan apa saja yang dia minta selama hal itu sesuai dengan kehendak Bapa. Hanya dari kedekatan dan pengenalan, kita bisa yakin dan berani mengajukan hal-hal yang besar kepada Tuhan. Pilihan dan keputusan ada di tangan kita, mau menjadi orang Kristen biasa-biasa saja atau orang Kristen yang kuat yang memiliki kehidupan rohani yang berbobot. (PF)

RENUNGAN
Menjadi orang Kristen biasa-biasa saja atau orang Kristen yang memiliki KEHIDUPAN ROHANI YANG BERBOBOT adalah PILIHAN kita sendiri.

APLIKASI
1. Apakah Anda merasa sudah membuat pilihan yang tepat bagi kehidupan rohani Anda saat ini?
2. Adakah kesalahan saat Anda memilih jalan kehidupan? Apa yang Anda alami karena salah memilih?
3. Apa keputusan Anda setelah Anda mengetahui bahwa kehidupan rohani yang berbobot adalah sebuah pilihan?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, dalam keadaan seperti apapun, kami tidak mau berada dalam jalan kematian. Kami memilih untuk tetap berada dalam jalan-jalanMu, jalan-jalan yang membawa kami pada kehidupan. Tolong kami Tuhan, untuk senantiasa membangun dan memperkuat kehidupan rohani kami. Sebab hanya di dalam Engkau ada keselamatan dan pertolongan. Terimakasih Tuhan, di dalam nama-Mu Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.