JANGAN MENJAUHKAN DIRI DARI HADIRAT TUHAN [RESIKA]

BACAAN HARI INI
Ibrani 4:14-16

RHEMA HARI INI
Ibrani 4:16 Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya.

Dikenal dengan nama Aho Medan, Edy sangat ditakuti oleh orang-orang di lingkungannya. Masa kecil Edy yang tidak menyenangkan karena kedua orangtuanya sibuk, membuat Edy selalu mencari-cari perhatian dalam pergaulannya. Ayahnya mendidik Edy dengan keras dan mengajarnya ilmu bela diri. Edy terus menggeluti bela diri sampai ia dewasa. Merasa dirinya jagoan, kelakuan Edy semakin tidak terkendali. Ia suka berkelahi, mabuk-mabukan dan menggunakan narkoba. Total 6 kali Edy harus masuk penjara karena kekerasan dan obat terlarang. Sebenarnya Edy pernah ingat dan memohon pertolongan pada Tuhan saat ia luka parah dalam suatu perkelahian. Namun sesudahnya, Edy melupakan janjinya dan terus mencobai Tuhan.
Akhirnya, di kali terakhir Edy harus masuk penjara karena mengendarai mobil dalam kondisi mabuk berat dan menabrak seseorang hingga terluka, Tuhan menjamah Edy dalam suatu kebaktian di sana. Dari khotbah dan pujian yang didengarnya, Edy merasa ada yang menyentuh hatinya. Ia pun menangis tak terbendung. Saat memejamkan mata, ia melihat satu sosok putih besar berdiri di hadapannya, dan ia tahu bahwa itu adalah sosok Tuhan Yesus yang ia kenal. Sambil menangis Edy memeluk kaki Tuhan Yesus. Sesudah lawatan itu, hidup Edy diubahkan total. Ia merasa hidupnya telah diubahkan menjadi baru, dan ia berjanji akan meninggalkan hidup lamanya. Edy yang dulunya seperti momok yang selalu membuat masalah, dijamah oleh kasih Tuhan dan kini menjadi manusia yang berarti bagi keluarga dan orang-orang disekitarnya.
Ketika kita jauh dari hadirat Tuhan, yang ada hanyalah kebinasaan. Tapi Tuhan tidak pernah berencana menjauhkan kita dari hadirat dan kemuliaan-Nya. Kitalah yang seringkali dengan sengaja menjauh dari hadirat Tuhan. Kita sengaja menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah dan dengan sengaja mengurangi pelayanan kita kepada Tuhan dengan berbagai alasan. Padahal dengan demikian, kita seperti sedang membuka celah untuk dosa bisa masuk dan menguasai hidup kita. Seberat apapun persoalan yang sedang kita hadapi, janganlah sekali-kali berpikir untuk menjauh dari Tuhan, sebaliknya semakin mendekat dan semakin masuklah dalam hadirat Tuhan. Sebab hanya dalam hadirat Tuhan saja kita akan beroleh kekuatan yang baru. Yang menyegarkan jiwa dan Roh kita sehingga kita mampu berdiri tegak sampai kemuliaan Tuhan dinyatakan dalam hidup kita. Tuhan Yesus memberkati. (ABU)
RENUNGAN
JANGAN pernah MENJAUHKAN diri dari hadirat Tuhan, sebaliknya MENDEKATLAH lebih dekat masuk ke HADIRAT-NYA

APLIKASI
1. Apakah Anda pernah dengan sengaja menjauhkan diri dari hadirat Tuhan?
2. Apa alasan Anda menjauh dari hadirat Tuhan?
3. Perbedaan apa yang Anda rasakan ketika Anda menjauh dan ketika Anda semakin mendekat masuk dalam hadirat Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, ampunilah kami jika kami pernah dengan sengaja menjauh dari hadapan-Mu. Bukan kesenangan dan kepuasan yang kami dapat, melainkan kesusahan dan kekosongan jiwa. Kami mau terus mendekat kepada-Mu Bapa, walau kami belum mengerti rencana-Mu, tapi kami mau belajar percaya, taat dan setia. Terimakasih Bapa, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.