Bertanggung Jawab Atas Keselamatan Keluarga Kita [RESIKA]

BACAAN HARI INI
Yehezkiel 3:16-21

RHEMA HARI INI
Yehezkiel 3:21 Tetapi jikalau engkau memperingatkan orang yang benar itu supaya ia jangan berbuat dosa dan memang tidak berbuat dosa, ia akan tetap hidup, sebab ia mau menerima peringatan, dan engkau telah menyelamatkan nyawamu.”

Dalam sebuah keluarga atau pernikahan, permasalahan atau konflik adalah sesuatu yang umum terjadi. Ada yang ringan dan ada pula yang berat. Konflik berat seringkali menimbulkan rasa sakit hati, dendam, kecewa dan kepahitan mendalam. Jika sudah demikian, rasa cinta dan sayang akan terkikis. Rasanya mau ada sesuatu hal yang buruk terjadi pada mereka pun, kita tidak akan ambil pusing. Bahkan ada yang sampai mendoakan agar mereka, yang notabene anggota keluarga atau pasangan kita sendiri, mendapat hajaran dari Tuhan agar mereka jera.

Bacaan kita hari ini dari kitab Yehezkiel 3, mengingatkan, bahwa kita adalah penjaga kaum Israel. Kitalah PENJAGA KELUARGA (ay 17). Dalam ayat-ayat selanjutnya, yaitu ayat 18-21, Tuhan telah memberi perintah dengan jelas, kita wajib memperingatkan jika ada yang berbuat dosa atau kesalahan. Jika kita hanya mendiamkan, karena sudah terlanjur sakit hati, maka Tuhan akan menuntut pertanggungan jawab atas nyawa mereka pada kita. Jadi kita tidak bisa dan tidak boleh berdiam diri saja karena begitu besar tanggung jawab yang telah Tuhan berikan pada kita. Bukan hanya keselamatan mereka, tapi juga keselamatan kita sendiri yang dipertaruhkan di hari penghakiman Tuhan.

Mungkin ada yang tidak puas dengan hal tanggung jawab ini, tapi Firman Tuhan tetaplah Firman Tuhan yang lebih benar dari apapun di jagat raya. Jangan pernah kita meragukan, mempertanyakan atau bahkan memprotes Firman Tuhan. Tujuan Tuhan jelas, bahwa Dia ingin semua orang diselamatkan, bahkan yang paling jahat sekalipun. Untuk itulah Dia sampai rela mati di kayu salib. Dan jika kita adalah anak-anakNya, maka tujuan Bapa kita adalah tujuan kita juga. Sisihkan perasaan kita yang mungkin terluka, mintalah kasih karunia Tuhan, dan BANGKIT. Jadilah pahlawan yang menyelamatkan jiwa setiap anggota keluarga kita. Saat kita mau berjuang sekuat tenaga dengan bersenjatakan kasih untuk merebut keluarga kita kembali, maka Tuhan akan berkarya luar biasa. Pertolongan-Nya akan turun menyertai usaha kita, sehingga kemuliaan Tuhan nyata dan terjadi atas keluarga kita. (DAM)

RENUNGAN
Keselamatan keluarga kita adalah TANGGUNG JAWAB KITA.

APLIKASI
1. Mengapa Tuhan ingin agar Anda memiliki tanggung jawab atas keselamatan keluarga Anda?
2. Adakah hal yang menghalangi Anda untuk menerima tanggung jawab dari Tuhan ini?
3. Bagaimana wujud nyata tanggung jawab Anda terhadap keselamatan keluarga Anda?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa yang baik, terima kasih atas anugerah dan penyertaan-Mu di sepanjang hidup kami. Terimakasih untuk rhema firman-Mu hari ini yang semakin meneguhkan kami untuk memiliki tanggung jawab atas keselamatan keluarga kami. Penuhi hati kami dengan kasih-Mu dan beri kami hati yang senantiasa rindu untuk keselamatan jiwa. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.