Persiapan Menentukan Kemenangan Kita [RESIKA]

BACAAN HARI INI
Amsal 21:1-31

RHEMA HARI INI
Amsal 21:5 Rancangan orang rajin semata-mata mendatangkan kelimpahan, tetapi setiap orang yang tergesa-gesa hanya akan mengalami kekurangan.

Pada tahun 1989, Lo Kheng Hong mulai berkenalan dengan dunia investasi saham dan pasar modal. Dia mulai membeli saham pada usia 30 tahun. Lo Kheng Hong sangat disiplin dengan uangnya dan hidup berhemat sehingga masih memiliki sisa gaji untuk dibelikan saham. 10 tahun bekerja sebagai pegawai Bank bagian tata usaha, ia tak kunjung naik pangkat. Akhirnya ia pindah ke Bank lain yang baru dibuka dengan gaji 2 kali lipat. Kelebihan Lo kheng Hong adalah, walaupun pemasukannya naik tapi gaya hidupnya tidak berubah. Ia masih tetap berhemat agar bisa berinvestasi saham dari sisa gajinya.

Kalau orang menggunakan uangnya untuk membeli barang konsumsi lebih dulu, Lo Kheng Hong punya uang sedikit langsung membeli saham. Ibarat menabung deposito, ia menyimpan saham-sahamnya dalam jangka waktu panjang. Tepat 17 tahun ia bekerja, di tahun 1996 Lo Kheng Hong memutuskan untuk berhenti bekerja. Ia ingin lebih fokus menjadi seorang investor saham. Baginya, berinvestasi dalam bentuk saham jauh lebih menguntungkan di masa depan ketimbang bunga tabungan ataupun emas. Berasal dari keluarga kurang mampu, kini Lo Kheng Hong adalah orang yang sukses mencapai kebebasan keuangan atau Financial Freedom.

Orang yang bijak adalah orang yang membuat persiapan. Jauh sebelum krisis terjadi ia telah mempersiapkan segalanya. Walau nampaknya belum ada apa-apa, semua masih berjalan dengan baik dan lancar, orang yang bijak tetap menyisihkan dan menyimpan sebagian dari hasil yang di dapatnya. Sebab masa sukar selalu ada di tiap generasi, orang yang tidak membuat persiapan menghadapi masa sukar adalah orang yang ceroboh. Tidak salah kita beriman bahwa Tuhan bisa memberkati kita di segala musim. Tapi iman harus disertai dengan perbuatan. Iman juga harus disertai dengan usaha dan persiapan. Saat ini kita tidak tahu sampai kapan krisis ini berlalu, tapi janganlah takut dan kecil hati. Kerjakan apa yang ada di tangan kita saat ini dengan sebaik-baiknya. Kembangkan dan terus belajar sampai kita menjadi ahli dalam bidang kita. Tuhan PASTI MEMBERKATI pekerjaan orang benar. Buatlah persiapan dari berkat Tuhan dengan bijak, sehingga sekalipun di masa sukar yang berkepanjangan, kita masih tetap bisa tertawa di tengah badai dan krisis yang menerpa kita. Tuhan Yesus memberkati. (ABU)

RENUNGAN
SIKAP kita dalam menghadapi masa sukar MENENTUKAN MASA DEPAN kita, BIJAKLAH membuat PERSIAPAN sehingga kita bisa MENANG.

APLIKASI
1. Apakah Anda termasuk orang yang serius mempersiapkan masa depan atau sebaliknya?
2. Persiapan apa yang Anda lakukan untuk menghadapi masa-masa sukar? Bagaimana Anda melakukannya?
3. Apa manfaat yang Anda rasakan dalam membuat persiapan?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, berilah kami hikmat untuk menangkap pengajaran Firman-Mu, supaya kami dapat bijak membuat persiapan untuk hari depan kami. Terlebih di masa sukar saat ini, beri kami kekuatan untuk tetap rajin bekerja dan berusaha. Kami percaya, berkat-Mu lebih dari cukup bagi setiap kami. Terima kasih Bapa, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.