HIKMAT DARI MERENUNGKAN FIRMAN [RESIKA]

BACAAN HARI INI
Mazmur 119:1-176

RHEMA HARI INI
Mazmur 119:99 Aku lebih berakal budi dari pada semua pengajarku, sebab peringatan-peringatan-Mu kurenungkan.

Kita sering mendengar kata berhikmat, tapi mungkin ada yang belum paham benar apa arti berhikmat. Begitu penting dan berharganya hikmat sampai Raja Salomo hanya meminta hikmat dan bukan hal yang lain, ketika Tuhan berkenan memberikan apapun yang ia minta. Hikmat tidak sama dengan pengetahuan. Hikmat adalah tahu menggunakan apa yang kita tahu dan pandai memanfaatkan apa yang kita miliki. Meskipun seseorang tidak terlalu pintar, tapi jika ia berhikmat maka ia akan berhasil dalam hidupnya. Orang yang memiliki keterbatasan tapi ia tahu bagaimana menggunakan keterbatasannya maka ia bisa menjadi seorang yang hebat. Contohnya adalah Ehud, yang justru karena tangannya yang kidal ia berhasil menyelamatkan bangsa Israel dari penindasan bangsa Moab (Hak 3:15-30).

Hikmat tidak dapat kita peroleh dari buku-buku ilmu pengetahuan, sebab hikmat datangnya hanya dari Tuhan. Dengan banyak merenungkan Firman Tuhan, kita akan lebih berhikmat dari kebanyakan orang. Pemazmur berkata,
“Aku lebih berakal budi dari pada semua pengajarku, sebab peringatan-peringatan-Mu kurenungkan.” Merenungkan lebih dari sekedar membaca. Seperti jika kita sedang memikirkan apa yang kita anggap penting untuk kita mengerti, misalnya apa yang kira-kira disukai oleh pasangan, anak atau orang tua kita. Atau mengapa kekasih kita tiba-tiba bersikap dingin. Kita bisa saja tetap mengerjakan pekerjaan utama kita, namun pemikiran kita tetap tertuju dan berusaha mencari tahu sepanjang waktu.

Ketika kita sungguh-sungguh berusaha ingin mengerti apa yang coba Tuhan sampaikan pada kita melalui Firman-Nya, kita akan masuk dalam sebuah perenungan. Orang yang ingin mengenal Tuhan, pikirannya akan seperti pintu yang terbuka. Sinar kemuliaan Tuhan seperti lampu sorot yang masuk, menyinari dan menerangi pikirannya. Mereka akan terus diperbaharui dengan hikmat-hikmat dari Tuhan. Mengalami perubahan karakter, sikap, perkataan, pola pikir dan kebiasaan sesuai dengan kehendak Tuhan. Inilah yang menjadikan kehidupan kita menjadi jauh lebih berbobot, baik dalam interaksi dengan sesama, dengan keluarga, dalam pekerjaan dan terutama menjadikan kehidupan rohani kita semakin solid di dalam Tuhan. (PF)

RENUNGAN
Banyak MERENUNGKAN FIRMAN akan membuat kita LEBIH BERHIKMAT daripada kebanyakan orang.

APLIKASI
1. Hal-hal apakah yang lebih mendominasi pikiran Anda selama ini?
2. Pernahkah Anda mencoba bertanya pada diri Anda sendiri, mengapa Tuhan begitu mengasihi Anda? Apa bukti kasih Tuhan yang telah Anda alami?
3. Apa yang membuat Anda akhirnya memahami bahwa hikmat Tuhan teramat penting untuk menjalani kehidupan Anda? Apa pengalaman yang Anda miliki?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, terimakasih Engkau telah mengajarkan kepada kami untuk lebih dalam merenungkan Firman-Mu. Sebab disanalah sumber segala hikmat yang memampukan kami keluar sebagai pemenang dalam segala keadaan. Terpujilah nama-Mu sampai selama-lamanya. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.