Ada Kelepasan Besar Melalui Paskah [RESIKA]

BACAAN HARI INI
Yesaya 46:1-13

RHEMA HARI INI
Yesaya 46:13 Keselamatan yang dari pada-Ku tidak jauh lagi, sebab Aku telah mendekatkannya dan kelepasan yang Kuberikan tidak bertangguh lagi; Aku akan memberikan kelepasan di Sion dan keagungan-Ku kepada Israel.”

Jika sekilas dilihat, Clara adalah seorang yang murah senyum, ramah dan mudah diajak bicara. Tapi jika diperhatikan baik-baik, ada suatu kekosongan dalam sorot matanya. Keputusasaan yang tersirat membuat wajah Clara tampak begitu terbeban berat ketika ia merasa tidak ada orang yang sedang memperhatikannya. Ya, memang Clara tidak ingin menunjukkan keadaannya yang sebenarnya pada banyak orang. Sejak kematian ibunya, ayah Clara banyak berubah. Seperti anak kecil yang tidak bisa apa-apa sendiri, kenakalannya membuat Clara kerepotan harus membereskan segala yang diacak-acak oleh ayahnya. Beberapa kali sehari, Clara harus membersihkan rumah karena ayahnya tidak bisa menahan sampai ke kamar mandi. Clara sudah berusaha memberitahu ayahnya, tapi kelihatannya ayahnya sudah tidak bisa menangkap apa yang disampaikan oleh Clara. Akhirnya Clara hanya bisa bertahan dan merawat ayahnya sebaik yang ia bisa.

Keadaan Clara ini seperti orang yang terbelenggu, tidak bisa pergi kemana-mana dan tidak bisa berbuat apa-apa. Keadaan yang sama, bahkan lebih tanpa harapan, dialami oleh rasul Petrus. Menjelang perayaan paskah, raja Herodes menangkap dan memenjarakannya dengan maksud menghukum mati Petrus setelah perayaan paskah. Malam itu Petrus tidur diantara 2 prajurit, terbelenggu dengan 2 rantai dan prajurit-prajurit pengawal menjaga di tiap pintu. Sungguh suatu keadaan yang tidak ada harapan, Petrus hanya bisa pasrah dan menunggu waktu kematiannya saja. Tidak mungkin ada orang yang bisa melepaskannya dari penjara yang dijaga oleh 16 prajurit, yang pastinya bukan prajurit biasa, dengan penjagaan berlapis pula.
Tapi ada pesan yang disampaikan Tuhan melalui perayaan paskah tahun ini, TUHAN MAU MEMBERI KITA KELEPASAN. Bukan hanya kelepasan biasa, tapi KELEPASAN BESAR. Seperti Tuhan begitu saja melepaskan Petrus dari belenggu dan penjara Herodes yang begitu ketatnya, TIDAK ADA YANG BISA MENGHALANGI Tuhan untuk membebaskan umat-Nya. Belenggu Herodes, belenggu Firaun, belenggu dosa dan iblis sekalipun, semuanya hancur di hari Paskah yang luarbiasa. Maka janganlah tawar hati kita. Bangkit dan imani, ketika kita merayakan paskah, belenggu-belenggu kita dihancurkan! Pintu-pintu yang memenjarakan kita terbuka! Terima dan alamilah kelepasan besar dari Tuhan kita Yesus Kristus. (PF)

RENUNGAN
BUKAN HANYA kelepasan biasa, tetapi ada KELEPASAN BESAR melalui PASKAH.

APLIKASI
1. Bagaimana Anda menanggapi pesan Paskah tahun ini? Percayakah Anda bahwa Tuhan akan memberi Anda kelepasan besar?
2. Kelepasan dalam hal apa yang sangat Anda inginkan saat ini?
3. Apa tindakan nyata Anda untuk bangkit dan mengimani bahwa kelepasan besar akan sungguh-sungguh terjadi dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, kami tangkap dengan iman janji kelepasan besar yang Kau bawa dalam perayaan paskah tahun ini. Kami imani,semua belenggu telah Kau patahkan. Semua sumbatan telah Kau bukakan. Kami terlepas dan siap dipakai untuk membebaskan bangsa kami dari kegelapan. Terima kasih Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.