Kita Harus Bangkit Dahulu Sebelum Melepaskan Belenggu [RESIKA]

BACAAN HARI INI
Kisah Para Rasul 12:1-19

RHEMA HARI INI
Kisah Para Rasul 12:7 Tiba-tiba berdirilah seorang malaikat Tuhan dekat Petrus dan cahaya bersinar dalam ruang itu. Malaikat itu menepuk Petrus untuk membangunkannya, katanya: “Bangunlah segera!” Maka gugurlah rantai itu dari tangan Petrus.

Demi menyenangkan hati orang Yahudi, Herodes menangkap Petrus dan memenjarakannya. Herodes berencana menghadapkan Petrus di depan orang banyak sehabis Paskah (Kis 12:3-4). Namun, Tuhan punya rencana lain untuk Petrus. Tepat pada malam sebelum Herodes menjalankan rencananya, Tuhan membebaskan Petrus. Pembebasan Petrus bukanlah dengan cara membuatnya menghilang dari penjara. Seorang malaikat datang dan menepuk Petrus untuk membangunkannya. Setelah ia mulai bangun untuk berdiri, barulah dua rantai yang membelenggunya gugur dari tangannya (Kis 12:7). Petrus pun bisa melenggang meninggalkan penjara meskipun ada 16 prajurit yang menjaganya.

Secara manusia, melihat caranya dibelenggu dan jumlah prajurit yang menjaganya, mustahil bagi Petrus untuk melepaskan diri. Tapi saat Petrus taat ketika malaikat menyuruhnya  untuk bangkit dengan segera, barulah ia mengalami kelepasan besar. Mujizat demi mujizat beruntun menyertai dia bahkan pintu gerbang besipun terbuka dengan sendirinya. Inilah rhema yang Tuhan taruh menjadi rhema bagi gereja kita. Yesaya 60, BANGKITLAH! ARISE!

Jika kita rindu mengalami kelepasan besar seperti yang Petrus alami, responi perintah Tuhan dengan ketaatan yang sama. Segera bangun, segera bangkit dari ketidakberdayaan kita. Percayalah, saat kita bangkit, maka semua belenggu-belenggu yang mengikat kita akan lepas berguguran. Baik itu belenggu sakit penyakit, belenggu hutang, belenggu masalah keluarga, belenggu dalam usaha dan berbagai bentuk belenggu yang lain. Inilah kado paskah terindah yang ingin Tuhan berikan pada kita semua, Greater Liberty!

RENUNGAN
Sebelum MELEPASKAN BELENGGU, terlebih dahulu Tuhan ingin kita BANGKIT.

APLIKASI
1.    Belenggu apa yang saat ini mengikat Anda?
2.    Apa yang Anda rasakan dan lakukan saat Anda terbelenggu?
3.    Bagaimana Anda akan meresponi perintah Tuhan untuk segera bangkit?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa yang baik, terima kasih atas rhema yang Engkau taruhkan dalam gereja kami. Saat ini kami mau taat untuk bangkit. Kami percaya, saat kami bangkit, maka semua belenggu-belenggu dalam hidup kami akan Kau hancurkan dan kami akan mengalami kelepasan yang  besar. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.