TUHAN AKAN BERSEGERA MENOLONG, MELINDUNGI DAN MENYELAMATKAN UMATNYA

BACAAN HARI INI

Yesaya 51:1-23

RHEMA HARI INI

Yesaya 51:14 Dia yang dipasung terbelenggu akan segera dibebaskan; ia tidak akan turun mati ke liang kubur, dan tidak akan kekurangan makanan.

Cara Tuhan menolong kita anak-anakNya memang seringkali sulit untuk dipahami secara akal dan logika. Kadang kita merasa Tuhan membiarkan kita menunggu terlalu lama. kita sudah berdoa sekian waktu lamanya, kita sudah bertekun dan dengan setia menunggu janji-Nya, tapi sampai saat ini tak juga tergenapi. Kita mulai kuatir kita akan menjadi lelah dan bosan menunggu. Hati terasa sesak karena menantikan pertolongan yang entah kapan datangnya.

Marta dan Maria mengalami hal yang sama ketika menanti Yesus datang menolong saudara mereka Lazarus yang sedang sakit parah. Sebenarnya Yesus bisa saja sampai di tempat mereka di hari yang sama, tapi Yesus sengaja mengulurnya selama 3 hari. Selama waktu itu, pastilah Marta dan Maria sudah sangat gelisah menanti-nantikan kedatangan Yesus. Dan Yesus seolah-olah memang terlambat sebab Lazarus sudah mati dan dikuburkan ketika Dia datang. Bagi manusia memang terlambat, tapi bagi Tuhan Yesus tidak ada kata terlambat. Sebab Tuhan bukan hanya ingin sekedar menyembuhkan Lazarus, tapi untuk menyatakan kemuliaan dan kemahakuasaan-Nya dengan membangkitkan Lazarus dari antara orang mati. (Yohanes 11:1-45)

Terkadang sebagai orang percaya kita dihadapkan pada satu situasi dan keadaan yang sulit. Untuk memilih tetap percaya atau melihat keadaan yang ada depan mata kita. Ingatlah bahwa Tuhan sudah punya rencana atas hidup kita. Dia sedang mengajar, membentuk dan mendewasakan kita agar kemuliaan-Nya dapat dinyatakan melalui persoalan kita. Saat waktu-Nya tiba, angin Roh Kudus dari Selatan akan berhembus. Laksana rajawali menggoyangbangkitkan isi sarangnya, melayang-layang di atas anak-anaknya, mengembangkan sayapnya, menampung seekor, dan mendukungnya di atas kepaknya, demikianlah TUHAN sendiri menuntun dia, dan tidak ada allah asing menyertai dia (Ulangan 32:11-12). Demikianlah pertolongan dan perlindungan Tuhan akan SEGERA DATANG bersama dengan angin Roh Kudus untuk menyelamatkan kita. Secepat kilat pembelaan-Nya turun atas kita. Tangan-Nya yang kuat dan perkasa akan segera terulur, memegang dan mengangkat kita sehingga kita selamat dari segala mala petaka. Bagian kita adalah, TETAPLAH PERCAYA pada Tuhan kita yang setia.

RENUNGAN

Saat ANGIN ROH KUDUS berhembus, itu artinya Dia akan bersegera MENOLONG, MELINDUNGI, dan MENYELAMATKAN umat-Nya.

APLIKASI

  1. Menurut Anda, mengapa Tuhan seringkali membiarkan kita berlama-lama menunggu?
  2. Apa yang Anda rasakan selama masa penantian penggenapan janji Tuhan?
  3. Bagaimana Anda akan meresponi angin Roh Kudus dari selatan yang membawa pertolongan dan keselamatan bagi Anda?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus kami percaya inilah saatnya pertolongan-Mu datang atas setiap kami. Angin Roh Kudus dari selatan datang dan berhembus dengan kuat. Perlindungan, kelepasan dan keselamatan terjadi atas hidup kami, keluarga, gereja dan bangsa kami. Terimakasih Tuhan, di dalam nama-Mu Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.