Mengalami Kuasa Tuhan [RESIKA]

BACAAN HARI INI
Amsal 3:1-35

RHEMA HARI INI
Amsal 3:1-2 Hai anakku, janganlah engkau melupakan ajaranku, dan biarlah hatimu memelihara perintahku, 2 karena panjang umur dan lanjut usia serta sejahtera akan ditambahkannya kepadamu.

Daniel lahir dimasa yang tidak mudah, yaitu ketika Bangsa Israel harus hidup dalam pembuangan. Ketika semua orang Israel termasuk Daniel diangkut untuk dibuang ke Babel, pasti ada begitu banyak orang yang merasakan kehilangan masa depan dan pengharapan. Putus asa, kuatir dan cemas akan bagaimana nanti hidupnya. Rasanya semua serba gelap di depan mata. Daniel pun mestinya merasakan hal yang sama, tapi dengan ajaib, Tuhan meluputkannya dari itu semua. Justru di negri buangan, ia diangkat menjadi salah satu penasehat raja. Ini karena Tuhan mendapati Daniel memiliki roh yang kuat. Daniel TERUS MEMBANGUN manusia rohnya dengan merenungkan, memperhatikan dan menghidupi Firman setiap hari. Ia pun beroleh hikmat yang sangat luar biasa karenanya. Jelas semua itu tidak dibangun ketika Daniel sudah ada di istana raja, tapi jauh sebelum ia ada di negeri pembuangan. Sehingga ketika masa kegelapan datang, Daniel terhindar dari kesukaran.

Bukan hanya itu, ada banyak mujizat yang terjadi dalam hidup Daniel. Saat ia dimasukkan ke dalam gua singa, Tuhan menutup mulut para singa-singa buas. Walau mereka kelaparan, namun singa-singa itu tidak berselera pada Daniel, sehingga ia dapat bertahan hidup. Hal ini tidak mungkin terjadi jika Daniel tidak memiliki hubungan yang sangat erat dengan Tuhan. Kepercayaan dan imannya yang sangat teguh membuat mujizat keselamatan terjadi.

Apa yang dialami Daniel sedikit banyak mirip dengan apa yang sedang kita alami hari-hari ini. Memang kita tidak dibuang seperti bangsa Israel. Tapi kegelapan yang sama, sedang ada di sekitar kita. Dan jika Daniel bisa muncul dan bangkit menjadi terang bagi bangsanya yang sedang dalam kegelapan, kita pun pasti bisa. Asal kita mau terus bertekun merenungkan dan melakukan firman tiap-tiap hari. Firman itulah yang akan membangun roh kita semakin berbobot dan bernilai dimata Tuhan. Saat itulah hidup kita akan dipenuhi dengan KUASA DAN MUJIZAT Tuhan. Haleluya!

RENUNGAN
Perhatikan, percayai, dan responi firman Tuhan, itulah KUNCI MENGALAMI KUASA TUHAN.

APLIKASI
1. Sudahkah Anda mendapatkan petunjuk dari Tuhan atas setiap aspek kehidupan Anda?
2. Apa kesulitan yang Anda alami untuk mendapatkan petunjuk dari Tuhan? Sudahkah Anda meresponi Firman Tuhan dengan benar?
3. Kuasa dan mujizat apa yang pernah Anda alami ketika Anda sungguh-sungguh mengimani dan meresponi firman Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, Panglima Tertinggi kami, terimakasih kalau sampai hari ini Engkau masih terus berbicara pada kami dan menuntun setiap langkah-langkah hidup kami. Ajari kami supaya kami terus memiliki kehausan akan suara-Mu, ya Tuhan, dan mentaatinya. Supaya kami boleh Engkau pakai untuk menyatakan kemuliaan-Mu dalam hidup kami. Didalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.