MELIHAT KELUARGA KITA DENGAN MATA IMAN [RESIKA]

BACAAN HARI INI
Amsal 23:1-35

RHEMA HARI INI
Amsal 23:18 Karena masa depan sungguh ada, dan harapanmu tidak akan hilang.

Ketika hendak memilih pemimpin atau raja baru bagi bangsa Israel, nabi Samuel yang saat itu hanya mengandalkan mata jasmani dan rasionya, hampir saja terkecoh. Saat ia melihat Eliab, Samuel merasa sangat cocok. Sebab Eliab secara fisik berpenampilan sangat mengesankan. Paras dan perawakan yang tinggi dan dan tegap, gagah perkasa, ditambah memiliki keahlian dalam bertempur. Sebagai anak sulung dan gembala, Eliab sudah terbiasa memimpin. Dipertimbangkan secara rasional pun, Eliab sudah memiliki kriteria yang sangat pas sebagai seorang pemimpin. Samuel langsung berpikir, ”Sungguh, di hadapan Tuhan sekarang berdiri yang diurapi-Nya.” Tetapi Tuhan berfirman kepada Samuel, “Janganlah pandang parasnya atau perawakan yang tinggi, sebab Aku telah menolaknya. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati.” (1 Sam. 16:7).

Seringkali kita pun terkecoh dengan apa yang nampak dengan mata jasmani kita. Anak yang badungnya bukan main dan sulit diatur, suami yang tidak bertanggung jawab dan hidung belang, istri yang cerewet sekali dan hanya bisa merongrong, orangtua yang tidak mau dibantah dan selalu ingin mengatur. Semua hal jelek dan kekurangan yang membuat kita merasa jengkel dan sakit hati, biasanya yang paling gampang kita lihat dan ingat. Dan apa yang kita lihat membuat iman kita melemah, kita kehilangan daya juang untuk mereka. Sebab kita merasa apa mungkin hal yang sudah sedemikian parah dan buruk masih bisa diubahkan.

Sebelum kita menyerah, ingatlah bahwa bukan apa yang kita lihat dengan mata jasmani, yang di lihat oleh Tuhan. Tuhan PASTI punya rencana besar bagi SETIAP anak-Nya. Seburuk apapun kondisi yang kita lihat pada anggota keluarga kita, Tuhan mencintai mereka dan INGIN agar mereka diselamatkan. Jika kita sungguh-sungguh mengasihi Tuhan, maka bukan apa yang kita inginkan, tapi apa yang Tuhan inginkan, itulah yang akan kita perjuangkan. Mintalah urapan untuk bisa melihat dengan mata Roh kita, sehingga kita bisa melihat dengan mata iman bahwa keluarga kita LAYAK untuk diperjuangkan. Lihatlah, ada kebahagiaan besar menanti kita sekeluarga jika hari ini kita memutuskan tidak akan menyerah untuk mereka. (PF)

RENUNGAN
Mintalah URAPAN UNTUK MELIHAT, sehingga kita bisa melihat dengan MATA IMAN bahwa keluarga kita LAYAK untuk DIPERJUANGKAN.

APLIKASI
1. Bagaimana Anda menilai keluarga Anda saat ini? Layakkah mereka untuk Anda perjuangkan?
2. Nilailah fokus Anda selama ini, fokus pada apa yang Anda lihat atau fokus pada apa yang Tuhan lihat pada keluarga Anda?
3. Pikirkanlah apa yang ingin Anda lihat terjadi pada keluarga Anda dan visualisasikanlah sesering mungkin.

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, bukalah mata rohani kami, agar kami dapat melihat apa yang Engkau lihat. Tolong kami agar bisa melihat rencana-Mu yang besar atas keluarga kami. Sehingga iman kami bangkit untuk memperjuangkan keluarga kami. Terima kasih Tuhan, di dalam nama-Mu Tuhan Yesus kami berdoa dan mengucap syukur. Amin.