Tetaplah Percaya Pada Janji Tuhan Dalam Segala Keadaan [RESIKA]

BACAAN HARI INI
Yesaya 55:1-13

RHEMA HARI INI
Yesaya 55:11 demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya.

Setiap kita yang percaya, tentu pernah menerima janji Tuhan. Janji dari Tuhan pastilah sesuatu yang baik dan dapat membawa kemuliaan bagi nama-Nya. Kita semua pasti tidak sabar untuk melihat janji tersebut tergenapi dalam hidup kita. Namun konsekuensi dari mendapat sebuah janji adalah kita harus siap untuk menunggu. Keteguhan saat menunggu, sangat tergantung pada kepercayaan kita kepada sang pemberi janji. Sebab seringkali apa yang terjadi dan kita hadapi, malah berbanding terbalik dengan janji Tuhan yang telah kita terima. Tuhan menjanjikan kesembuhan, tapi kita melihat diri kita masih sering sakit atau bahkan masih terbaring di rumah sakit. Tuhan menjanjikan pemulihan pada pernikahan kita, tapi keadaan semakin runyam dan hanya perceraian yang nampak sebagai satu-satunya jalan. Tuhan menjanjikan kelepasan dari hutang, tapi nyatanya hutang kita tetap saja menumpuk, entah sampai kapan bisa lunas.

Ayat rhema hari ini menegaskan bahwa setiap firman yang keluar dari mulut Tuhan, tidak akan kembali sia-sia. Tuhan pasti akan melaksanakan apa yang dijanjikan-Nya. Sekalipun saat ini kondisi kita berkebalikan dengan janji Tuhan, namun Tuhan ingin mengajarkan kepada kita apa yang dinamakan percaya kepada Tuhan. Tuhan tidak ingin kita mengandalkan kekuatan kita, kekayaan kita, kepandaian kita atau jabatan kita. Melainkan Tuhan ingin kita berfokus dan melihat pada janji Tuhan.

Kita tidak perlu bersusah payah memikirkan bagaimana cara Tuhan akan bekerja dalam hidup kita, yang perlu kita tahu hanyalah SIAPA yang menolong dan berkarya dalam hidup kita. Seperti Yosua dan bangsa Israel memiliki ketaatan dan kepercayaan mutlak pada Tuhan, pada akhirnya mereka melihat janji Tuhan digenapi dengan runtuhnya tembok Yerikho. Demikianlah hendaknya kita tetap percaya pada janji Tuhan dalam keadaan apapun.

RENUNGAN
Di saat keadaan kita seolah-olah BERKEBALIKAN dengan janji Tuhan, TETAPLAH PERCAYA janji-Nya.

APLIKASI
1. Apa janji dari Tuhan yang Anda dapatkan atas hidup Anda?
2. Menurut Anda, mengapa seringkali yang terjadi tidak sesuai dengan janji Tuhan? Apa maksud Tuhan bagi Anda?
3. Setelah membaca renungan hari ini, apa komitmen yang Anda ambil agar bisa mengalami penggenapan janji Tuhan dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa yang baik, terima kasih untuk segala kebaikan dan kemurahan-Mu dalam hidup kami. Terima kasih untuk janji-janjiMu yang Kau berikan pada kami. Kami percaya Tuhan, janji-Mu ya dan amin. Pasti tergenapi dalam hidup kami. Ajar kami untuk tetap bisa berpegang teguh dan percaya kepada-Mu. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.