KESUNGGUHAN HATI DALAM BERDOA MEMBERI KITA BANYAK MANFAAT [RESIKA]

BACAAN HARI INI
Yeremia 29:1-32

RHEMA HARI INI
Yeremia 29:12-13 Dan apabila kamu berseru dan datang untuk berdoa kepada-Ku, maka Aku akan mendengarkan kamu; apabila kamu mencari Aku, kamu akan menemukan Aku; apabila kamu menanyakan Aku dengan segenap hati.
Pukul 4 pagi, seperti biasa alarm Joe berdering kencang. Setengah sadar Joe berpikir bahwa semalam ia tidur sangat terlambat, hampir jam 1 dini hari. Jika ia bangun untuk berdoa dan bersaat teduh, pasti nanti seharian ia akan lemas dan mengantuk karena kurang tidur. Padahal hari ini banyak sekali tugas yang harus ia kerjakan. Maka dengan cepat Joe memutuskan untuk melanjutkan tidur dan melewatkan jam doa nya. 3 jam kemudian Joe baru terbangun dan langsung melompat dari tempat tidurnya karena nyaris terlambat untuk bekerja. Kaget, kebingungan dan kesal pada dirinya sendiri, Joe bergegas bersiap ke kantor. Namun karena tergesa-gesa, semua malah jadi serba salah. Salah mengambil baju, menghabiskan banyak waktu mencari kunci mobil yang lupa ia taruh di mana, menyenggol jatuh botol minuman dan membuat isinya berceceran di lantai. Joe sudah merasa capek dan tidak bersemangat saat ia akhirnya mengendarai mobilnya untuk pergi ke kantor.
Doa seringkali menjadi kegiatan yang dinomor duakan atau nomor sekian dibawahnya. Banyak yang merasa doa itu tidak terlalu penting dibandingkan pekerjaan, kesibukan, hobi, waktu istirahat dan lain sebagainya. Padahal yang sebenarnya adalah, doa itu bukanlah sebuah kegiatan kosong yang tidak berguna dan tidak produktif. Justru doa adalah kegiatan yang akan membuat produktif segala apa yang kita kerjakan di alam jasmani ini. Doa membuat kita tenang dan mampu menghadapi setiap keadaan dengan hikmat dari Tuhan. Berdoa di awal hari membuat setiap pekerjaan kita pada hari itu mendapat kelancaran, kemudahan dan berkat dari Tuhan.
Penelitian ilmu medis menyatakan bahwa berdoa itu mencegah dan mengatasi stress, dan membuat kita lebih bahagia. Para ilmuwan Harvard School of Public Health menyebutkan bahwa, orang yang suka berdoa memiliki umur yang lebih panjang sebab berdoa meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Ada banyak manfaat dalam berdoa yang sangat berguna dan kita butuhkan, terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini. Oleh sebab itu sudah sepantasnyalah kita menaikkan level kesungguhan hati dalam berdoa. Doa yang biasa mungkin cukup mendatangkan kelegaan secara jiwa. Tetapi DOA YANG SUNGGUH-SUNGGUH, doa yang bersemangat, bergairah dan berapi-api, itulah doa yang mendatangkan mujizat tidak masuk akal dalam hidup kita. (PF)
RENUNGAN
NAIKKAN LEVEL kesungguhan hati dalam BERDOA karena ada BANYAK MANFAAT dalam BERDOA.
APLIKASI
1. Menurut Anda, bagaimanakah definisi doa dengan kesungguhan hati?
2. Sudahkah Anda berdoa dengan kesungguhan hati? Atau selama ini Anda berdoa seperti hafalan dan rutinitas saja?
3. Bagaimana cara Anda untuk menaikkan level kesungguhan hati dalam berdoa?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, ampunilah kami jika kami selama ini kurang serius membangun kehidupan doa kami. Tolong mampukan kami ya Tuhan, mengalahkan kedagingan dan kemalasan kami. Jadikanlah kami pendoa-pendoa yang berbobot dan berkenan di hadapan-Mu. Terimakasih Tuhan, di dalam nama-Mu Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.